Breaking News:

HUT Kemerdekaan RI

Mahfud MD Ungkap Pentingnya Solidaritas dan Kreatifitas dalam Memaknai Kemerdekaan Saat Pandemi

Mahfud mengungkapkan, pandemi covid-19 saat ini mau tidak mau menyadarkan kita untuk menumbuhkan solidaritas.

Penulis: Gita Irawan
Tangkapan Layar: Kanal Youtube Kemenko Polhukam RI
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menungkapkan pentingnya solidaritas dan kreatifitas dalam memaknai kemerdekaan di masa pandemi covid-19.

Mahfud mengungkapkan, pandemi covid-19 saat ini mau tidak mau menyadarkan kita untuk menumbuhkan solidaritas.

Menurutnya pandemi covid-19 membuat kita tidak bisa egois karena kita tidak bisa menghadapi pandemi covid-19 sendirian.

Kemerdekaan Indonesia, kata dia, dahulu pun diraih karena solidaritas masyarakat yang menyingkirkan ego kelompoknya masing-masing.

Baca juga: Mahfud MD Cerita Sejarah Proklamasi Kemerdekaan RI dan Maknanya Bagi Generasi Kini

Hal tersebut disampaikannya saat berdialog dengan VJ Daniel Mananta di akun Instagram Daniel, @vjdaniel pada Selasa (17/8/2021).

"Kuncinya untuk melawan musuh itu adalah solidaritas di antara sesama anak bangsa. Artinya kita tidak bisa maju, selamat, meskipun misalnya anda punya kelebihan, punya tempat berteduh yang lebih bagus, atap lebih bagus, tapi kalau anda tidak memperhatikan sekeliling, tidak memperhatikan masyarakat, anda pun terancam oleh penyakit ini. Oleh karena itu, solidaritas itu nomor satu," kata Mahfud.

Hal lain yang menurut Mahfud penting adalah kreatifitas.

Menurut Mahfud, pandemi covid-19 memaksa semua kalangan menjadi kreatif baik dari pedagang, masyarakat umum, hingga pejabat pemerintah.

Mahfud mengungkapkan hal tersebut tampak dari tumbuhnya produk ekonomi yang dipasarkan melalui internet hingga rapat-rapat yang digelar tanpa harus bertatap muka langsung melalui aplikasi pertemuan virtual.

"Melalui komunikasi rapat (virtual) ternyata lebih murah dan efisien dalam keadaan begini, tapi tujuan rapat tercapai. Karena bisa ketemu seperti ini, tidak perlu transport. Kalau saya ingin bicara dengan gubernur di 34 provinsi di Indonesia bisa bertemu mendadak tidak perlu pakai SPPJ untuk jalan, untuk tiket, hotel, kita ketemu begini saja. Semua sudah bisa dilakukan. Itu salah satu yang bisa kita dapat dari pandemi ini," kata Mahfud.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved