Breaking News:

Virus Corona

Ketua DPR akan Bicarakan Keadilan Akses Vaksin Bersama Para Ketua Parlemen Dunia

Ketua DPR RI Puan Maharani akan menghadiri secara fisik Fifth World Conference of Speakers of Parliament (WCSP) di Wina, Austria

dok. DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani akan menghadiri secara fisik Fifth World Conference of Speakers of Parliament (WCSP) di Wina, Austria, pada 6-8 September 2021.

Sejumlah isu akan dibahas dalam pertemuan para ketua-ketua parlemen sedunia ini, termasuk soal vaksinasi Covid-19.

Fifth WCSP merupakan forum yang digelar oleh Inter-Parliamentary Union (IPU), organisasi internasional beranggotakan parlemen-parlemen dari negara-negara berdaulat, yang bekerja sama dengan Austria National Council.

Baca juga: KASUM: Kasus Munir Bukan Kriminal Biasa, Masuk Kategori Pelanggaran HAM Berat

Sekjen DPR RI Indra Iskandar menjelaskan, pertemuan ini merupakan agenda yang strategis untuk menjalin networking di antara Ketua Parlemen.

“Forum ini tepat untuk mendorong akses vaksin yang adil dan merata dari negara maju kepada negara berkembang karena semua negara maju produsen vaksin hadir di sini,” kata Indra melalui keterangannya di Jakarta, Minggu (5/9/2021).

Disampaikan Indra, Ketua DPR juga diagendakan mengikuti sejumlah pertemuan bilateral di sela-sela kunjungannya ke Wina. Ketua DPR juga mengadakan pertemuan dengan ketua parlemen Timor Leste, Vietnam, Republik Korea Selatan, dan Presiden IPU.

Baca juga: Akademisi: RUU PDP Dapat Menopang dan Memperkuat Keamanan Digital di Indonesia

“Pertemuan bilateral tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemitraan strategis dan memperkuat kerja sama antara DPR RI dengan negara-negara tersebut,” ujar Indra.

Nantinya sejumlah isu akan menjadi topik pembahasan antara Puan dengan ketua parlemen Timor Leste, Vietnam, Korea Selatan, dan Presiden IPU, Duarte Pacheco.

Di antaranya adalah kerja sama ekonomi, kerja sama penanganan dan pencegahan Covid-19, pengembangan teknologi vaksin, serta berbagai isu kawasan yang menjadi perhatian bersama.

Halaman
12
Penulis: chaerul umam
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved