Breaking News:

Kemlu RI: Menhan dan Menlu Australia Kunjungi Jakarta Hari Ini

Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia Marise Payne dan Menteri Pertahanan (Menhan) Australia Peter Dutton berkunjung ke Indonesia hari ini.

AFP Photo/Justin Tallis
Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia Marise Payne dan Menteri Pertahanan (Menhan) Australia Peter Dutton berkunjung ke Indonesia hari ini.

Kabar kedatangan 2 menteri Australia ini disampaikan Kementerian luar negeri Indonesia (Kemlu RI) lewat siaran pers, Rabu (8/9/2021).

Disebutkan bahwa kedatangan keduanya untuk menghadiri rumah Pertemuan 2+2 Menlu dan Menhan RI-Australia ke-7 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada hari Kamis (9/9/2021).

Baca juga: Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan di Indonesia, Lengkap Beserta Maknanya

“Indonesia akan menjadi tuan rumah Pertemuan 2+2 Menlu dan Menhan RI-Australia ke-7, yang akan diselenggarakan di Jakarta pada hari Kamis, 9 September 2021,” Kemlu RI dalam pernyataannya.

Pertemuan 2+2 RI-Australia merupakan forum dialog untuk membahas isu-isu strategis di tingkat bilateral, regional, maupun global.

Forum juga dimanfaatkan untuk memajukan kerja sama kedua negara dalam berkontribusi terhadap kondisi yang kondusif bagi stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di kawasan.

Baca juga: Komnas HAM RI Tetapkan Hari Kematian Munir Sebagai Hari Perlindungan Pembela HAM Indonesia

“Pertemuan tahunan ini terakhir diselenggarakan di sela-sela Bali Democracy Forum ke-12 di Nusa Dua, Bali pada 6 Desember 2019,” lanjutnya.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak mempertegas kembali komitmennya dalam beberapa hal.

Baca juga: Relawan Sebut Jokowi akan Reshuffle Kabinet Awal Oktober

Diantaranya memerangi terorisme di Kawasan, memperkuat kerja sama peacekeeping antara angkatan bersenjata kedua negara (TNI dan ADF), memperkuat kerja sama di bidang keamanan siber, dan pertukaran keahlian dan pengalaman dalam humanitarian assistance and disaster relief.

Sebelum menghadiri Pertemuan 2+2, Menhan RI Bapak Prabowo Subianto dan Menhan Australia akan melakukan Defense Ministers’ Meeting.

Sementara Menlu RI Ibu Retno L.P. Marsudi akan bertemu empat mata dengan Menlu Australia.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved