Sukses Gelar KSR SMA/MA, Ruangguru Selenggarakan KSR SMP/MTs

Perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara, Ruangguru, baru saja selesai menyelenggarakan Kompetisi Sains Ruangguru jenjang SMA/MA.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
Tribunnews.com/ Fahdi Fahlevi
VP Marketing Ruangguru Ignatius Untung Surapati dalam acara diskusi virtual Ruangguru, Rabu (8/9/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara, Ruangguru, baru saja selesai menyelenggarakan Kompetisi Sains Ruangguru (KSR) jenjang SMA/MA.

Ajang ini merupakan kompetisi sains berskala nasional pertama dan terbesar di Indonesia sebagai wadah pengasahan minat, pengukuran potensi, dan percetakan siswa/siswi tangguh dan berprestasi di bidang sains dari seluruh Indonesia.

Dalam menyelenggarakan KSR, Ruangguru berkolaborasi dengan Juri Kompetisi Sains Nasional dan Tim Olimpiade Nasional untuk 6 bidang mata pelajaran, yaitu Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Berdasarkan hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 kepada 600.000 anak berusia 15 tahun dari 79 negara, siswa sekolah menengah dari Indonesia berada di urutan ke-74 dari 79 negara dalam kategori literasi, sains, dan matematika.

KSR merupakan manifestasi upaya Ruangguru dalam mengubah rupa ilmu sains menjadi mata pelajaran yang lebih diminati siswa/siswi Indonesia.

Baca juga: Ingin Bergabung di Ruangguru? Ikuti Sales Trainee Academy untuk D3 dan S1 Ini!

“Kami gembira melihat sambutan baik dari pelajar dan sekolah di Indonesia. Terlepas dari keragaman tingkat partisipasi di setiap provinsi, jumlah partisipasi sebanyak 20.222 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia merupakan indikasi baik terhadap minat pelajar Indonesia di bidang sains," ujar VP Marketing Ruangguru Ignatius Untung Surapati dalam acara diskusi virtual Ruangguru, Rabu (8/9/2021).

Hasil data KSR, kata Untung, menunjukkan bahwa pulau Jawa dan Bali masih relatif dominan dan masih ada ketimpangan di bagian timur Indonesia.

Namun, ada juga kejutan baik dari Kepulauan Riau dan Riau yang berhasil menduduki 3 besar di putaran regional.

Data juga menunjukkan bahwa ada korelasi linear antara tingkat penetrasi internet di provinsi dengan hasil skor yang dicapai para peserta KSR.

Baca juga: Ruangguru Luncurkan Fitur Video Belajar Adaptif yang Dapat Menyesuaikan dengan Pemahaman Siswa

"Di Ruangguru, kami percaya bahwa anak Indonesia memiliki potensi besar untuk berprestasi, dan menjadi tugas kita bersama untuk membangun akses yang setara demi memajukan pendidikan berkualitas di Indonesia," ungkap Untung.

Kompetisi sains terbesar ini, menurut Untung, dapat menjadi satu tolok ukur analisis pemahaman siswa/siswi terhadap ilmu sains.

Ragam temuan dapat menjadi dasar rencana kerja semua pemangku kepentingan di masa depan.

"Selain itu, tentunya kami berharap bahwa ajang ini mampu membuka cakrawala siswa/siswi sehingga mereka dapat semakin tertarik dengan mata pelajaran sains, dan mampu untuk mengasah minat mereka di bidang sains," ucap Untung.

Setelah sukses menyelenggarakan KSR SMA/MA dan untuk terus menggali dan mengasah minat dan bakat siswa di bidang sains sedari dini, Ruangguru tengah membuka pendaftaran untuk KSR khusus jenjang SMP/MTs.

Baca juga: Menutup Tahun 2020, Ruangguru Telah Layani Lebih dari 22 Juta Pengguna

Halaman
12
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved