Breaking News:

Wapres Apresiasi Kepala Daerah atas Kerja Keras Kembangkan Sektor Pertanian

Wapres apresiasi semua pihak di sektor pertanian yang telah kerja keras mengembangkan sektor pertanian sehingga stok pangan kondusif.

Penulis: Reza Deni
Dokumentasi BPMI Setwapres
Wapres Maruf Amin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin mengapresiasi semua pihak di sektor pertanian, khususnya para kepala daerah yang telah bekerja keras mengembangkan sektor pertanian, sehingga stok pangan dalam negeri tetap kondusif.

Pasalnya, sektor pertanian menjadi satu di antara sektor yang mampu bertahan dari hantaman krisis pandemi Covid-19.

Dari data BPS, sepanjang 2020 sektor pertanian mampu tumbuh 1,75 persen.

Baca juga: Pakar Pangan: Jangan Khawatir, Pertanian Kita Makin Maju, Tidak Stagnan, Apalagi Mundur

Selain itu, BPS juga mencatat total ekspor pertanian dari Januari hingga Juli 2021 mencapai 2,24 miliar Dollar AS, atau meningkat 8,72 persen dibandingkan periode yang sama pada 2020.

"Ketangguhan sektor pertanian di masa krisis seperti ini tentunya tidak dapat dilepaskan dari kerja keras dan sinergi para insan pertanian, serta komitmen kuat dari pemerintah daerah," kata Wapres Ma'ruf saat menghadiri acara Penganugerahan Penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021 di Istana Wapres, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 6, Jakarta Pusat, Senin (13/09/2021).

Di samping itu, Wapres menegaskan roda pembangunan pertanian nasional tidak akan bisa digerakkan tanpa adanya kerja bersama yang integratif dan kolaboratif antara pemerintah pusat dan daerah.

Baca juga: Presiden Jokowi Pastikan Persyaratan KUR Pertanian Semakin Dipermudah

"Atas dasar sinergi antara pemerintah pusat dan daerah itu, performa sektor pertanian selama pandemi telah menjadi andalan dalam proses pemulihan ekonomi nasional," ujarnya.

"Oleh karenanya, amat penting bagi Pemerintah Pusat untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah provinsi/kabupaten yang telah berkontribusi dan berprestasi dalam rangka meningkatkan produksi pangan dan ekspor pertanian yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteran petani," imbuhnya.

Lebih lanjut, Wapres mengungkapkan bahwa Penghargaan Bidang Pertanian 2021 diberikan khusus kepada para kepala daerah yang telah menciptakan terobosan dan inovasi, serta berhasil secara nyata mendorong daerahnya dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan pertanian nasional.

"Jika pertanian bisa diibaratkan sebagai tulang punggung perekonomian nasional, maka partisipasi aktif kepala daerah adalah kalsium yang menjadi nutrisi penting dalam menjaga tulang punggung agar tetap sehat dan kuat," urainya.

Baca juga: Akademisi IPB Beber Produksi Beras 2018 Hingga 2021 Naik, Kinerja Pertanian Memuaskan

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved