Breaking News:

Kakorlantas Bakal Sanksi Oknum Anggota yang Terbukti Pungli di Samsat dan Satpas

Menurut Istiono, pihaknya akan menindak tegas jika ada oknum anggotanya yang diduga telah melakukan pungli dalam pelayanan Samsat dan Satpas.

Istimewa
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Istiono merespons perihal desakan Pegiat Anti Korupsi, Emerson Yuntho yang meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membenahi praktik pungutan liar (pungli) di Samsat dan Satpas di seluruh Indonesia.

Menurut Istiono, pihaknya akan menindak tegas jika ada oknum anggotanya yang diduga telah melakukan pungli dalam pelayanan Samsat dan Satpas.

"Ya akan kami berikan sanksi," kata Istiono saat dikonfirmasi, Rabu (15/9/2021).

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan pihaknya memiliki sejumlah langkah pencegahan pungli di Satpas dan Samsat.

Yang pertama, kata dia, pihaknya telah memiliki kebijakan untuk mengurangi interaksi antara petugas dan masyarakat saat pelayanan di pihak kepolisian.

Baca juga: Kompolnas Minta Pasang Kamera Pengawas hingga Perbanyak Sidak Cegah Pungli di Samsat dan Satpas

"Mengurangi interaksi antara petugas dan masyarakat yang dilayani dengan membangun sistem online berbasis IT yaitu aplikasi SINAR untuk perpanjangan SIM, SIONDEL dan SIGNAL untuk perpanjangan STNK, ETLE untuk tilang dan lain-lain," kata Sambodo.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan peningkatan pengawasan melalui CCTV untuk mencegah anggotanya melakukan pungli. Lalu, juga membuka kotak pengaduan atau loket pengaduan masyarakat.

"Kami juga menuliskan berbagai tulisan layanan 'Tidak Dipungut Biaya'," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menerapkan sanksi dan hukuman bagi anggota yang masih nakal melakukan pungli. Namun, dia tidak menjelaskan lebih lanjut ihwal aturan yang dimaksudkan.

Halaman
123
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved