Breaking News:

Virus Corona

Aplikasi PeduliLindungi Bakal 'Go Internasional'

Nantinya, platform digital tersebut akan memfasilitasi para pelaku perjalanan internasional, termasuk ketika pergi ke Arab Saudi.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
Kompas.com
Bentuk tampilan scan QR code aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat untuk masuk mall. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aplikasi PeduliLindungi yang saat ini dipergunakan untuk mengakses agar bisa bepergian dengan sistem QR Code bakal dibuat global alias mendunia.

Hal tersebut dilakukan imbas dari tidak terbacanya sistem QR Code di Bandara Arab Saudi yang nantinya justru bakal mempersulit jemaah asal Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah.

"Iya, ini sedang kita coba selesaikan ya," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi saat ditemui di Sentra Vaksinasi Covid-19 Kompas Gramedia, Jakarta, Kamis (23/9/2021).

Nadia menyampaikan, kendala yang dialami itu lantaran adanya upaya penggabungan platform digital semacam PeduliLindungi dalam lingkup global.

Namun, ia tak membeberkan secara detail nama dari platform global tersebut.

"Pokoknya kita akan mengikuti itu di platform digital dan ini sudah kita lakukan secara bertahap," kata dia.

Nantinya, platform digital tersebut akan memfasilitasi para pelaku perjalanan internasional, termasuk ketika pergi ke Arab Saudi.

Baca juga: Download Sertifikat Vaksin Covid-19 dan Cek Status di PeduliLindungi, Cukup Siapkan KTP dan Nomor HP

"Jadi nanti pelaku perjalanan khususnya WNI yang memiliki aplikasi PeduliLindungi juga akan bisa terbaca di berbagai barcode yang ada di negara-negara lain," kata dia.

Sebelumnya, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengungkapkan QR Code bukti vaksinasi Covid-19 yang dikeluarkan pemerintah Indonesia tidak dapat dibaca pada sistem di bandara yang ada di Arab Saudi.

Hal tersebut, menurutnya, dapat menyulitkan jemaah umrah dari Indonesia untuk ke Tanah Suci.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved