Breaking News:

Survei Indikator: Tingkat Kepercayaan Masyararakat Terhadap TNI-Polri Lebih Tinggi Dibanding KPK

Indikator Politik kembali merilis hasil survei terbarunya terkait dengan evaluasi publik terhadap penanganan pandemi, pemulihan ekonomi, dan demokrasi

Ist
Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei Nasional Indikator Politik kembali merilis hasil survei terbarunya terkait dengan evaluasi publik terhadap penanganan pandemi, pemulihan ekonomi, dan demokrasi.

Dalam rilis yang disampaikan, Minggu (26/9/2021), Indikator Politik menyampaikan hasil surveinya terkait dengan kepercayaan masyarakat atau responden atas kinerja lembaga di Indonesia.

Pada hasil survei tersebut, TNI menempati peringkat pertama kepercayaan masyarakat dengan nilai 90,0 persen dan 7,0 persen menilai sedikit percaya dan di antaranya 0,3 persen tidak percaya sama sekali.

Setelah TNI, masyarakat atau responden percaya kepada Presiden dengan tingkat kepercayaan mencapai 82,0 persen, lalu disusul dengan lembaga Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Adapun untuk persentase kepercayaan masyarakat kepada Polri mencapai 71,0 persen dengan 28 persen di antaranya tidak/cukup percaya kepada Polri.

Setelah ketiga lembaga tersebut, posisi keempat ditempati oleh lembaga antirasuah alias Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca juga: Survei Indikator: Ekonomi Nasional Dinilai Buruk tapi Kondisi Demokrasi di Indonesia Cukup Memuaskan

Di mana lembaga yang dipimpin Firli Bahuri tersebut memiliki penilaian kepercayaan dari masyarakat dengan persentase 65,0 persen, dari angka tersebut 30,0 persen di antaranya cukup/tidak percaya dengan KPK.

Adapun perinciannya 26,0 persen sedikit percaya dan 4,0 persen tidak percaya sama sekali dengan KPK.

Setelah KPK, terdapat beberapa lembaga lainnya yakni Kejaksaan, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan terakhir Partai Politik.

Halaman
12
Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved