Breaking News:

Balai Bahasa Papua Lakukan Revitalisasi Sastra Daerah

Balai Bahasa Provinsi Papua menyelenggarakan kegiatan Revitalisasi Sastra Daerah di Kabupaten Jayapura Tahun 2021.

Yus Ardhiansyah/ Aji Jakarta
Keindahan kota Jayapura di kala senja dipandang dari atas bukit. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Balai Bahasa Provinsi Papua menyelenggarakan kegiatan Revitalisasi Sastra Daerah di Kabupaten Jayapura Tahun 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, dengan mengundang peserta yang berasal dari empat kampung pemilik tiga bahasa yaitu bahasa Mooi, bahasa Tepera, dan bahasa Yewena. 

Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua Firman Susilo mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan penguasaan masyarakat terhadap sastra daerah.

"Meningkatkan penguasaan sastra daerah melalui ranah pendidikan, baik sebagai muatan lokal maupun ekstrakulikuler," ucap Firman melalui keterangan tertulis, Sabtu (2/10/2021).

Kegiatan ini juga untuk meningkatkan penguasaan sastra daerah melalui komunitas. Seperti kelompok kesenian atau kelompok pecinta sastra daerah. 

Firman mengatakan kegiatan ini bermanfaat untuk mendokumentasikan kekhasan sastra daerah di Indonesia sebagai bagian dari upaya pelindungan sastra daerah.

Selain itu, kegiatan ini untuk melestarikan kekayaan bangsa Indonesia dari ancaman kepunahan.

Serta melakukan advokasi kepada pemerintah daerah untuk melindungi sastra daerah di wilayahnya masing-masing. 

"Salah satu keluaran revitalisasi yang diharapkan dapat terus berkelanjutan adalah jumlah penutur muda yang bertambah," ucap Firman. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus hingga 3 September 2021 lalu.  

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved