Breaking News:

Pemilu 2024

Partai Buruh Targetkan 20 Kursi DPR di Pemilu 2024, Pengamat: Bukan Perkara Mudah Bagi Parpol Baru

Ubedillah mengatakan bahwa jika Partai Buruh mendapatkan 3,5 % sampai 4,5%, suara saja, itu sudah luar biasa.

Penulis: Reza Deni
Editor: Hasanudin Aco
Tribunnews.com/Reza Deni
Kongres Partai Buruh yang digelar secara virtual, Selasa (5/10/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Pengamat Politik Universitas Negeri Jakarta Ubedilah Badrun bicara soal peluang Partai Buruh di 2024 yang menargetkan 20 kursi DPR RI seperti yang disampaikan Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Ubedilah awalnya mengapresiasi bagaimana Partai Buruh muncul kembali dan mau memperjuangan kepentingan rakyat banyak melalui instrumen demokrasi, termasuk melalui mendirikan partai politik.

"Tetapi kalau bicara peluang perolehan kursi dengan target 20 kursi di DPR RI pada 2024 nanti itu perkara yang tidak mudah bagi partai baru," katanya kepada Tribunnews.com, Sabtu (9/10/2021).

Dia mengatakan bahwa pengalaman Partai Buruh masih belum seperti partai politik lainnya.

"Massa buruh juga sudah banyak yang terafiliasi ke banyak partai politik, karena partai politik yang ada saat ini juga memiliki bidang, bahkan sayap partai yang fokus pada buruh dan mereka juga memiliki masa buruh," katanya.

Baca juga: Kurang Realistis, Target Partai Buruh Menang 10 Pilkada dan Peroleh 20 Kursi Legislatif

Ubedillah mengatakan bahwa jika Partai Buruh mendapatkan 3,5 % sampai 4,5%, suara saja, itu sudah luar biasa.

"Itu pun syaratnya jika buruh tidak terpecah belah dan mampu menjadi partai modern yang efektif. Ini PR untuk Partai Buruh," katanya.

Dia lebih lanjut menarik aspek historis bagaimana Partai Buruh di Indonesia selalu gagal dalam mengikuti politik elektoral sejak Pemilu 1955 sampai era reformasi.

"Sehingga akhirnya Partai Buruh tersingkir dalam kontestasi politik elektoral bahkan bubar. Jadi jika Partai Buruh pimpinan Said Iqbal berhasil lolos parliamentary threshold dan karenanya mendapat kursi di DPR RI, maka itu sejarah baru yang patut dicatat dalam sejarah politik di Indonesia," pungkasnya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved