Breaking News:

Pengamat Apresiasi Atensi Kepala KSP Moeldoko kepada Petambak Garam

Varhan menegaskan bahwa apa yang dilakukan Moeldoko tersebut sejatinya memang ‘wajib’ dilakukan para pejabat publik.

Dok KSP
Moeldoko 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Impor garam memang masih menjadi persoalan di Tanah Air.

Hal itu membuat sebagian orang berpikir dan bertanya-tanya, kenapa Indonesia sebagai negara kepulauan tidak bisa menghasilkan garam.

Lalu bagaimana nasib para petani garam jika pemerintah kerap mengimpor garam.

Karena itu kepedulian Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko kepada petani garam di Cirebon, Jawa Barat dipuji Pengamat Birokrasi Varhan Abdul Aziz.

Varhan menegaskan bahwa apa yang dilakukan Moeldoko tersebut sejatinya memang ‘wajib’ dilakukan para pejabat publik.

Menjadi seorang pejabat publik, menurut Varhan meniscayakan sikap altruisme atau kesediaan untuk menjadikan kepentingan rakyat banyak sebagai prioritas, dibanding keperluan pribadi.

Baca juga: Menperin: Pertumbuhan Konsumsi Garam Naik 7 Persen Per Tahun, Impor Masih Tinggi

Suksesnya karir pejabat publik, menurut Varhan, seringkali berkaitan erat dengan pandangan dunia atau world view-nya dalam melihat dan memperlakukan rakyat banyak.

Manakala seorang pejabat publik melihat rakyat hanya sebagai objek kebijakan yang harus mematuhi aturan yang lazimnya datang dari atas (top-down), bisa dipastikan dirinya tidak akan bisa mencapai kesuksesan hakiki.

“Mungkin target programnya tercapai, tetapi urusan dengan rakyat tidak bisa terlampau disederhanakan dengan pencapaian angka-angka target, melainkan harus bisa mengambil hati rakyat agar mereka juga merasa diperlakukan sebagai manusia, bukan semata mesin peraih target program,” kata Varhan, yang juga Wakil Sekretaris Jenderal Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (Lira) itu, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Moeldoko yang dalam banyak kesempatan menunjukkan kesediaan untuk mendengarkan segala curhat dan keluhan rakyat kecil, menurutnya, patut mendapat apresiasi.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved