Breaking News:

Pelecehan dan Bullying di Kantor

Komnas HAM Sarankan Kapolda Metro Awasi dan Dukung Polres Jakpus Tangani Pelecehan Pegawai KPI Pusat

Komnas HAM merekomendasikan Kapolda Metro Jaya melakukan pengawasan dan memberikan dukungan baik secara personil dan sumber daya lainnya terhadap Polr

Penulis: Gita Irawan
Tangkapan Layar
Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM RI Beka Ulung Hapsara dan Psikolog Zoya Amirin di Kantor Komnas HAM RI pada Senin (29/11/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM RI Beka Ulung Hapsara menyampaikan sejumlah rekomendasi kepada Kapolda Metro Jaya terkait kasus perundungan dan pelecehan seksual di lingkungan KPI Pusat.

Rekomendasi tersebut didasarkan pada proses pemantauan dan penyelidikan yang telah dilakukan Komnas HAM termasuk temuan, analisa, dan kesimpulan terkait kasus perundugan dan pelecehan seksual korban berinisial MS di KPI Pusat.

Pertama, kata Beka, Komnas HAM merekomendasikan Kapolda Metro Jaya melakukan pengawasan dan memberikan dukungan baik secara personil dan sumber daya lainnya terhadap Polres Jakarta Pusat.

Hal tersebut disampaikan Beka saat konferensi pers di kantor Komnas HAM RI Jakarta yang juga disiarkan secara virtual pada Senin (29/11/2021).

"Dalam rangka memastikan penyelidikan terhadap kasus dugaan perundungan dan pelecehan seksual terhadap MS berjalan obyektif, adil, profesional, transparan, akuntabel, dan yang paling penting berasaskan hak asasi manusia," lanjut Beka.

Selain itu, Kapolda Metro Jaya juga direkomendasaikan agar melakukan evaluasi terkait sumber daya manusia dan perangkat lainnya terkait mekanisme penanganan aduan tindak pelecehan dan kekerasan seksual di lingkungan Polda Metro Jaya.

"Ini tentu saja buat bahan di internal di Kepolisian supaya kalau ada aduan-aduan peristiwa dugaan kekerasan seksual, pelecehan, perundungan mereka bisa meresponsnya dengan bauk dan tidak menjadikan korban jadi korban untuk kesekian kalinya," kata dia.

Baca juga: Komnas HAM Ungkap 4 Jenis Hak Korban Kasus Perundungan dan Pelecehan Pegawai KPI yang Dilanggar

Terakhir, Komnas HAM menyarankan agar Kapolda Metro Jaya meningkatkan kemampuan personel di lingkungan Polda Metro Jaya terkait penanganan aduan tindakan pelecehan dan kekerasan seksual yang berperspektif korban.

Sebelumnya, Beka menyampaikan kesimpulan atas pemantauan dan penyelidikan terkait dugaan perundungan dan pelecehan seksual di lingkungan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat.

Terdapat tiga poin kesimpulan yang disampaikan Beka berdasarkan proses pemantauan dan penyelidikan yang dijalankan.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved