Turun ke Lapangan, Ganjar Pranowo Koordinasi Pastikan Harga Sembako Stabil

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terjun langsung ke lapangan memantau harga bahan pokok di pasar sambil bersepeda.

Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terjun langsung ke lapangan memantau harga bahan pokok di pasar sambil bersepeda.

Dia menyampaikan ada lima komoditas bahan pokok yang menjadi perhatian tim pengendali inflasi daerah Jateng untuk segera diselesaikan jelang akhir tahun.

"Tadi saya berkeliling ke tiga pasar, ternyata ada kenaikan (harga) minyak goreng, telur, ayam, cabai setan, terus kemudian bawang merah. Itu lima komoditas yang hari ini menjadi perhatian. Kita akan koordinasikan agar tim pengendali inflasi daerah segera bekerja," kata Ganjar, Kamis (23/12/2021) kemarin.

Ganjar melakukan pemantauan langsung di tiga pasar di Kota Semarang, yakni Pasar Wonodri, Pasar Kanjengan, dan Pasar di kawasan Jalan Prembaen.

Dari pemantauan, diketahui ada lima komoditas bahan pokok itu mengalami kenaikan harga yang relatif tinggi.

Baca juga: Ganjar Lepas Ekspor Produk Unggulan Jawa Tengah Senilai Rp 343 Miliar ke Berbagai Negara

"Cabai Rawit Setan sekarang Rp80 ribu (per kg), biasanya cuma Rp20 ribu, langsung melonjak. Cabai hijau dan merah juga naik. Bawang merah juga. Lainnya yang juga naik itu ayam potong, telur, dan minyak goreng," ujarnya.

Terkait dengan kenaikan harga itu, Ganjar mengatakan sudah dikoordinasikan dengan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Situasi itu juga dikomunikasikan dengan Kementerian terkait agar segera bisa diselesaikan dan harga bahan pokok kembali terkendali.

Selain itu, Ganjar juga sudah siap untuk melakukan operasi pasar apabila kondisi harga bahan pokok di pasar belum juga terkendali.

"Nanti kami akan coba komunikasi dengan kementerian yang ada di pusat agar soal ini bisa segera kita selesaikan. Khususnya yang agak lama ini adalah minyak goreng maka kalau tidak nanti kita akan lakukan operasi pasar saja," ujar Ganjar.

Baca juga: Ganjar Pranowo Turut Berduka Atas Meninggalnya Mbah Minto: Sugeng Kondur Mbah Minto

Sementara itu, dari pantauan secara nasional, harga komoditas cabai mengalami kenaikan. Hal ini dikeluhkan para pedagang yang biasa menjual bahan pokok.

Pedagang cabai Sudarmin mengaku pembeli mulai sepi setelah satu pekan harga cabai melonjak. Lapak Sudarmin di pasar Summarecon Bekasi menjual cabai rawit merah mencapai Rp125 ribu per kilogram.

"Naiknya bertahap, biasanya mentok Rp 45 ribu per kilogram sekarang naik hampir 300 persen," urainya kepada Tribun Network, Kamis (23/12).

Sudarmin menuturkan pembeli yang datang kebanyakan karena kebutuhan untuk dagang kuliner.

Sementara pembeli langganannya kebanyakan memilih untuk tidak belanja cabai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved