Konflik Rusia Vs Ukraina

Pesawat Penjemput WNI Dari Ukraina Terbang Via Madinah

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengungkap pesawat untuk menjemput WNI dari Ukraina sudah dikirim.

Editor: Adi Suhendi
Tangkap layar akun Twitter MoFA Indonesia
Sebanyak 25 warga negara Indonesia (WNI) berhasil dievakuasi dari Odessa, kota di selatan Ukraina pada Minggu (27/2/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengungkap pesawat untuk menjemput WNI dari Ukraina sudah dikirim.

Namun demikian Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah, saat dihubungi lewat pesan, Rabu (2/3/2022) belum bisa memaparkan secara gamblang detail proses penjemputan.

Sebuah sumber mengatakan kloter pertama WNI akan diberangkatkan dari Bucharest menggunakan penerbangan khusus dan melewati Madinah.

“Dari Bucharest pukul 15.40 via Madinah, ke Soekarno-Hatta," ujar staf Kedutaan Besar RI untuk Ukraina, Ludi Budianto kepada media.

Sebelumnya, Direktur Perlindungan WNI Judha Nugraha juga mengatakan kalau akan ada pesawat penjemput yang akan membawa WNI dari Ukraina kembali ke tanah air.

Kemlu berkordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait dalam upaya penjemputan WNI.

Baca juga: Saat Rusia Invasi Ukraina, Israel Juga Tak Kalah Brutalnya Menyerang Warga Palestina

Sementara itu, Menlu Retno Marsudi dalam konferensi pers Selasa (1/3/2022), mengatakan ada 99 WNI dan 5 warga negara asing (WNA) yang merupakan keluarga dari WNI telah berhasil meninggalkan Ukraina.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved