Migrasi TV Digital

Cara Memasang Set Top Box ke TV Analog untuk Menikmati Siaran Digital

Simak langkah pemasangan STB di TV Analog untuk menikmati siaran digital. Dilengkapi dengan tips memilih STB.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Daryono
Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital, Kemenkominfo
Seorang warga menunjukkan salah satu contoh perangkat Set Top Box (STB) DVBT2 yang akan digunakan untuk menyaksikan siaran televisi digital, Kamis 23 September 2021. Hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli berbagai peralatan elektronik, TV atau STB, dalam rangka beralih ke TV Digital, yaitu pilih produk yang bersertifikasi Kominfo seperti tanda “Siap Digital”, DVBT2, atau dus terdapat gambar Si MODI. Simak langkah pemasangan STB di TV Analog untuk menikmati siaran digital. Dilengkapi dengan tips memilih STB. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghentikan siaran televisi analog tahap pertama pada 30 April 2022 lalu.

Untuk itu, pengguna TV analog perlu memasang Set Top Box (STB) agar tetap dapat menikmati siaran digital.

Dengan STB, sinyal analog dari antena di rumah akan diubah menjadi sinyal digital.

Baca juga: Jadwal Acara TV Minggu 15 Mei 2022: The Story Of Fuji Thoriq hingga Ikatan Cinta

Seorang warga menunjukkan salah satu contoh perangkat Set Top Box (STB) DVBT2 yang akan digunakan untuk menyaksikan siaran televisi digital, Kamis 23 September 2021. Hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli berbagai peralatan elektronik, TV atau STB, dalam rangka beralih ke TV Digital, yaitu pilih produk yang bersertifikasi Kominfo seperti tanda “Siap Digital”, DVBT2, atau dus terdapat gambar Si MODI.
Seorang warga menunjukkan salah satu contoh perangkat Set Top Box (STB) DVBT2 yang akan digunakan untuk menyaksikan siaran televisi digital, Kamis 23 September 2021. Hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli berbagai peralatan elektronik, TV atau STB, dalam rangka beralih ke TV Digital, yaitu pilih produk yang bersertifikasi Kominfo seperti tanda “Siap Digital”, DVBT2, atau dus terdapat gambar Si MODI. (Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital, Kemenkominfo)

Tips Memilih STB

Saat hendak membeli STB, pilih STB yang bersertifikat Kominfo.

Adapun sertifikasi STB oleh Kominfo merupakan bentuk jaminan bahwa STB pasti bisa digunakan dan fiturnya bisa bekerja secara optimal.

Untuk menangkap siaran TV digital ini diperlukan STB khusus yang mendukung Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial yaitu STB DVB-T2, bukan STB lain seperti STB DVB-C (kabel), STB DVB-S (satelit), dan STB DVB-IPTV ( Internet protokol TV)

Cara Pasang STB ke TV Analog

Mengutip indonesiabaik.id, berikut langkah pemasangan STB di TV Analog untuk menikmati siaran digital:

1. Siapkan TV, STB, Remot TV

2. Sambungan kabel antena ke STB

3. Sambungkan kabel RCA (merah, kuning, putih) ke STB

4. Nyalakan TV dan STB dengan remot

5. Pilih mode AV pada TV analog

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved