PDSI Terbentuk, Komisi IX DPR Bakal Bahas Revisi UU Praktik Kedokteran

Anggota Komisi IX DPR RI, Putih Sari, mengatakan pihaknya akan membahas terkait revisi UU Praktik Kedokteran.

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
Istimewa
Anggota Komisi IX DPR RI, Putih Sari. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI, Putih Sari, mengatakan pihaknya akan membahas terkait revisi Undang-Undang (UU) nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran.

Hal ini merespons menguatnya aspirasi revisi UU tentang Praktik Kedokteransetelah terbentuknya organisasi profesi dokter yang baru, yakni Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

"Memang aspirasi revisi Undang Undang Praktik Kedokteran memungkinkan karena adanya aspirasi beberapa pihak, antara lain terkait wadah tunggal organisasi profesi kedokteran apakah masih relevan untuk dipertahankan, karena ada kekhawatiran wadah tunggal profesi bisa menjelma menjadi otoriter dan mengusung kepentingan lain. Terkait hal ini tentu nanti kami komisi IX akan melihat sejauh mana aspirasi ini dan substansinya," kata Putih Sari kepada wartawan, Senin (16/5/2022).

Adapun UU Praktik Kedokteran yang ada sekarang tertuang dalam UU nomor 29 Tahun 2004 mengatur IDI (Ikatan Dokter Indonesia) sebagai satu-satunya organisasi profesi kedokteran.

Namun demikian, Putih Sari mengatakan ada regulasi lain yang memperbolehkan untuk membentuk wadah perkumpulan yang baru.

Baca juga: Pimpinan Komisi IX DPR Harap PDSI Bisa Berhubungan Baik dengan Organisasi Kedokteran Lainnya

"Untuk membentuk wadah perkumpulan siapapun diperbolehkan karena dijamin oleh Undang-Undang Dasar bebas berserikat," kata Putih Sari.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan itu berharap apa pun organisasinya, dapat meningkatkan kualitas dunia kedokteran di Indonesia.

"Saya berharap munculnya PDSI dapat meningkatkan kualitas dunia kedokteran tanah air," kata Putih Sari.

Terawan dan PDSI Temui Wantimpres

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved