Pimpinan Komisi IX DPR Harap PDSI Bisa Berhubungan Baik dengan Organisasi Kedokteran Lainnya

organisasi yang dibentuk oleh para dokter senior itu sesuai dengan UUD 1945 dan aturan turunan yakni, UU tentang Praktik Kedokteran.

Penulis: Reza Deni
ist/KompasTV
Deklarasi Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, mengapresiasi atas dibentuknya dan dideklarasikannya Persatuan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

Menurutnya, organisasi yang dibentuk oleh para dokter senior itu sesuai dengan UUD 1945 dan aturan turunan yakni, UU tentang Praktik Kedokteran.

"Untuk itu, kami berharap agar PDSI yang baru dideklarasikan ini bisa berhubungan baik dan bekerja sama dengan semua organisasi yang sudah ada ya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan juga ada organisasi kesehatan lain yang sudah ada sehingga tetap diletakkan pada konteks UU Praktik Kedokteran," ujar Melki kepasa wartawan, Kamis (28/4/2022).

Melki memahami sekarang telah ada dua organisasi dokter, yakni PDSI dan IDI.

"Tentu kami DPR RI akan mencermati apakah regulasi yang ada tersebut sudah cukup merekomendasi dinamika dan aspirasi yang ada di kalangan dokter," kata dia.

"Ataukah tentu mungkin ada semacam revisi atau perbaikan terkait dengan UU Praktik Kedokteran yang kita butuhkan dalam rangka mengatur menjadi payung semua aspirasi masyarakat luas dari pemerintah dan jg tentu dari kalangan dokter yg hari ini sudah ada beberapa organisasi sudah ada IDI dan beberapa lagi yg lain, dan ini ada PDSI," kata dia.

Legislayor Partai Golkar itu mengatakan semoga organisasi-oeganusasi kegokteran ini bisa berkomunikasi baik.

Baca juga: Kementerian Hukum dan HAM Sudah Sahkan PDSI, Organisasi Dokter Bentukan Stafsus Terawan

"Agar ada hubungan baik antara para dokter untuk saling berkomunikasi dan mendukung dalam rangka kepentingan ilmu pengetahuan, kepentingan masyarakat luas, kepentingan kedokteran, kepentingan kesehatan dan tentu untuk perkembangan inovasi dan juga kemandirian kesehatan kedokteran di tanah air," tandas dia.

Sebelumnya, Sejumlah dokter mendeklarasikan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) di Jakarta, Rabu (28/4/2022).

Organisasi profesi ini diketuai oleh Brigjen TNI (Purn) dr Jajang Edi Priyanto SpB MARS.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved