Rakernas II PDIP

PDIP Pilih Sekolah Partai Jadi Arena Rakenas II, Ini Alasannya

PDIP akan gelar rapat kerja nasional (Rakernas) II pada tanggal 21 Juni 2022 i di Gedung Sekolah Partai di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala/Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022). Rakernas II PDIP akan digelar pada tanggal 21 Juni 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM , JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dijadwalkan membuka rapat kerja nasional (Rakernas) II pada tanggal 21 Juni 2022 pagi hari, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir dan memberi kata sambutan.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto pelaksanaan Rakernas ini sebenarnya mundur dari jadwal sebelumnya, yang seharusnya dilaksanakan pada tahun lalu.

Pelaksanaan Rakernas ditunda dikarenakan pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan dunia, dan menunggu pengesahkan tahap Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Acara Rakernas PDIP ini diselenggarakan dengan sederhana di fasilitas milik partai. Yakni di Gedung Sekolah Partai di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Dimana, Rakernas ll mengusung tema "Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat". Dengan sub tema "Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara.”

Baca juga: PDIP Gelar Rakernas II di Lenteng Agung Besok, Bahas Capres?

Baca juga: Besok Megawati Akan Buka Rakernas II PDIP, Presiden Jokowi Bakal Beri Sambutan

Pelaksanaannya pun masih menggunakan metode hybrid. Jadi perwakilan pengurus utama yang hadir di Jakarta, hanya ketua, sekretaris dan bendahara DPD Partai, sementara pengurus daerah lainnya di setiap tingkatan, dapat mengikuti secara daring pada saat pembukaan dan penutupan Rakernas.

Sebelum Rakernas berlangsung, tekah dilakukan secara berjenjang dari bawah Rakercab dan Rakerda Partai sehingga program pemenangan Pemilu yang dibahas benar-benar mengakar dan sebagai jawaban atas berbagai persoalan rakyat di akar rumput.

“Sebagian besar acara bersifat tertutup, mengingat yang dibahas adalah hal-hal strategis terkait masa depan bangsa. Dengan demikian diperlukan suasana hening dan kontemplatif. Tempat sengaja dipilih di Sekolah Partai karena hanya melalui kaderisasi Partailah calon pemimpin itu digembleng sebelum mendapat penugasan di lapangan,” kata Hasto di Jakarta, Senin (20/6/2022).

Para peserta yang hadir secara fisik akan tiba di lokasi mulai hari ini 20 Juni 2022 untuk proses registrasi.

“Malam hari nanti akan digelar Tahlil dan Gema Sholawat Cinta Tanah Air, Haul Bung Karno 2022 di Masjid At-Taufiq. Mesjid ini baru diresmikan Presiden Jokowi, terletak di seberang Kompleks Sekolah Partai PDIP," kata Hasto.

"Selain itu juga diadakan doa dari umat beragama Kristen-Katolik, Hindu, Budha, Konghucu, dan doa dari Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan YME. Doa dalam rangka peringatan wafatnya Bung Karno dan dengan doa tersebut, PDI Perjuangan benar-benar hadir sebagai Rumah Kebangsaan Indonesia Raya," urainya.

Baca juga: Jadi Kandidat Capres Nasdem, Ganjar Butuh Restu Megawati Ditengah Minimnya Dukungan Elite PDIP

Saat Rakernas ini diselenggarakan, DPP DPIP membagi undangan dan peserta yang hadir menjadi tiga kelompok.

Aula Utama lantai dua Sekolah Partai akan diisi Presiden Jokowi, Fungsionaris DPP, ketua dan sekretaris DPD se-Indonesia, serta gubernur serta menteri kader partai. Total akan ada 98 orang di ruangan tersebut.

Kelompok kedua di ruang kelas II lantai satu diisi Bendahara DPD Partai se-Indonesia dengan jumlah 34 peserta.

Kelompok ketiga ruang kelas I lantai satu yang diisi Pimpinan Fraksi, Komisi, dan Ketua Poksi I-XI Fraksi, Kepala-kepala Badan, dan Ketua Komunitas Juang Pusat Partai.

“Pembukaan Rakernas secara hybrid diikuti oleh seluruh DPC, PAC, Ranting, Anak Ranting seluruh Indonesia,” kata Hasto.

Saat pembukaan Rakernas besok, rencananya Hasto akan bertindak memimpin pengheningan cipta. Ketua DPD PDIP Aceh, Muslahuddin Daud, akan membacakan Teks Pancasila.

Selanjutnya, Ketua DPD PDIP Papua John Wempi Wetipo akan membacakan Dedication of Life Bung Karno. (*)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved