Kemhan Bakal Jadi Tuan Rumah Pameran Pertahanan Berskala Internasional Tahun Ini

Indonesia akan menjadi tuan rumah pameran pertahanan berskala internasional tahun ini yakni Indo Defence Expo & Forum 2022.

Penulis: Gita Irawan
Biro Humas Setjen Kemhan
Wakil Menteri Pertahanan M Herindra. Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) rencananya akan menjadi tuan rumah pameran pertahanan berskala internasional tahun ini yakni Indo Defence Expo & Forum 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) rencananya akan menjadi tuan rumah pameran pertahanan berskala internasional tahun ini yakni Indo Defence Expo & Forum 2022.

Bersamaan dengan pameran tersebut juga akan digelar Indo Aero Space & Forum dan Indo Maritime & Forum.

Rencananya pameran-pameran tersebut akan digelar pada 2 sampai 5 November di Jakarta.

Tidak seperti pameran Indo Defence tahun-tahun sebelumnya, pameran tersebut tahun ini akan digelar di tiga lokasi di Jakarta yakni Jakarta International Expo Kemayoran, Lanud Halim Perdanakusumah, dan Dermaga Pondok Dayung.

Baca juga: Berhasil Pertahankan WTP Kemhan 4 Kali, Kinerja Prabowo Dipuji

Pameran bertema Peace, Prosperity, Strong Defense tersebut digelar sebagai wadah pertemuan bagi pemerintah, pelaku bisnis, profesional, dan para ahli baik di dalam maupun luar negeri untuk bertukar informasi, pandangan, dan teknologi di bidang pertahanan.

Selain itu, pameran tersebut juga memiliki visi untuk menjadi pameran pertahanan berskala internasional terbaik dan salah satu yang terbesar di dunia.

Pameran tersebut di antaranya juga bertujuan untuk memperkenalkan industri pertahanan Indonesia kepada dunia serta meningkatkan kualitas SDM dalam negeri yang bermuti di bidang industri pertahanan.

Pemeran tersebut ditargetkan melibatkan partisipasi kurang lebih 900 perusahaan dari 61 negara.

Baca juga: TNI Dalami Keterlibatan Anggotanya dalam Kasus Dugaan Korupsi Satelit Kemhan

Dari 61 negara tersebut, diharapkan ada 35 negara yang hadir secara grup atau paviliun.

Pameran tersebut juga rencananya akan mengundang delegasi official setingkat Menteri Pertahanan, Panglima TNI, KSAD, KSAL, dan KSAU dari 35 negara.

Senior Project Manager PT Napindo Media Ashatama Lisa Rusli mengatakan rencananya pameran tersebut juga akan dibuka untuk masyarakat umum pada 5 November 2022.

Masyarakat baik dari anak-anak hingga dewasa yang akan hadir, kata dia, nantinya bisa membeli tiket seharga Rp50 ribu.

"Untuk publik ini kami rencanakan pameran buka tetap di jam 10.00 pagi tapi tutupnya lebih cepat 30 menit. Jadi 16.30 WIB itu kita sudah tutup untuk pengunjung," kata Lisa di Media Center Kementerian Pertahanan Jakarta Pusat pada Selasa (12/7/2022).

Selain pameran, ajang tersebut juga akan menghadirkan forum, demonstrasi, dan presentasi produk.

Selain itu, akan dihadirkan juga kegiatan courtesy call, courtesy visit, exhibitor reception, dan official luncheon.

"Kami berharap walaupun situasi dan kondisi covidnya juga belum stabil, tapi jauh lebih baik dari tahun-tahum seblumnya. Jadi kami optimis dibantu juga oleh Pak Shobri (Karo Humas Kemhan Brigjen TNI Taufiq Shobri) selaku Kabid Humas dari kegiatan ini bahwa kita harus menyelenggarakan kegiatan Indo Defence ini di tahun 2022," kata Lisa.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved