Jabodetabek Siaga Banjir, BNPB Minta Warga di Bantaran Sungai Lebih Waspada

Wilayah Jabodetabek siaga banjir, BNPB mengimbau pemangku kebijakan di daerah dan masyarakat melakukan upaya mitigasi.

Penulis: Nuryanti
Editor: Miftah
TribunnewsBogor.com/Muamaruddin Irfani, TribunnewsBogor.com/Reynaldi
Banjir di Jalan Kincir, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jumat (15/7/2022) (kiri), perumahan BPI di Cilebut Barat, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, banjir setinggi pinggang orang dewasa, Jumat (kanan). Wilayah Jabodetabek siaga banjir, BNPB mengimbau pemangku kebijakan di daerah dan masyarakat melakukan upaya mitigasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Warga di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), siaga banjir.

Menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi di wilayah Jabodetabek hingga Sabtu (16/7/2022) malam.

BMKG juga mengeluarkan informasi peringatan dini yang menyatakan, hujan yang dapat disertai petir serta angin kencang berpotensi terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari.

Wilayah Kabupaten Bogor sudah mengalami banjir pada Sabtu ini.

Sehingga, wilayah lain seperti Jakarta khususnya di sepanjang DAS Ciliwung, dan wilayah Banten khususnya Lebak dan Tangerang, diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

Selain itu, warga di wilayah tersebut dapat melakukan upaya mitigasi dari potensi banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banten, Nana mengatakan, banjir di Kabupaten Bogor secara otomatis akan berdampak langsung kepada wilayah Lebak dan Tangerang.

"Yang jelas karena Bogor banjir, akan berdampak langsung ke Banten, yaitu Lebak dan Wilayah Tangerang,” ujarnya, Sabtu, dilansir laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga: Wilayah di Kota Tangerang yang Masih Tergenang Banjir, Ketinggian Air 50-100 Cm

BNPB mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah dan masyarakat agar melakukan upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan, seperti normalisasi sungai, susur sungai, pembersihan sungai dari sumbatan sampah, sosialisasi kepada masyarakat, dan memantau perkembangan cuaca secara berkala.

Lalu, masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved