Ikawati Kementerian ATR/BPN Gaet Larada Pasarkan Produk UMKM dengan Skema Pemanfaatan Aset Tanah

Ikawati Kementerian ATR/BPN melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Ladara Dharma Bhakti (Ladara).

Istimewa
Pembina Ikawati Kementerian ATR/BPN, Nanny Hadi Tjahjanto memberikan sambutan pada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Ikawati dengan Ladara di Jakarta, Senin (25/7/2022). 

TRIBUNNEWS.COM , JAKARTA - Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (Ikawati) Pusat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Ladara Dharma Bhakti (Ladara).

MoU ini dilaksanakan dalam rangka membantu mengembangkan pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Kementrian ATR/BPN.

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Raja Juli Antoni mengatakan adanya kerjasama ini bertujuan untuk memasarkan produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat dengan skema pemanfaatan aset tanah.

Baca juga: Kementerian ATR Sebut Komputerisasi Kegiatan Pertanahan Modus Baru Para Mafia Tanah

Nantinya, para Ikawati pusat yang tersebar di 33 instansi Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional dan 473 instansi Kantor Pertanahan akan memberikan pendampingan pelaku UMKM.

"Dari pihak Ikawati saat ini, sudah proses melakukan pemberdayaan tanah. Hasil kerjasama antara Kementerian ATR/BPN dengan Ladara. Mereka memiliki platform online, untuk memasarkan produknya," kata Raja Juli saat berada di The Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (25/7/2022).

Ia melanjutkan, saat ini perkembangan UMKM di Indonesia sangat membantu pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Sebab, kontribusi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, sekitar 67 persen dari sektor UMKM.

Untuk itu sudah sepantasnya Kementerian ATR/BPN RI melalui Ikawati pusat bekerjasama dengan PT Ladara Dharma Bhakti untuk mengembangkan pemasaran produk para pelaku UMKM.

Sehingga diharapkan dapat meningkatan akses pasar yang lebih luas, baik pasar dalam negeri maupun luar negeri.

"Karena itu, kita mensupport aktivitas Ikawati dalam mengembangkan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah," lanjutnya.

Baca juga: Inovasi Perum Perhutani dan Kementerian ATR/BPN Raih Penghargaan Teknologi Global

Sementara itu, Pembina Ikawati Kementerian ATR/BPN, Nanny Hadi Tjahjanto mengatakan saat ini pihaknya tengah fokus memberikan perhatian lebih kepada sektor UMKM.

Diharapkan melalui program ini, Ikawati dapat turut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan dapat membantu memperluas jangkauan pemasaran produk-produk UMKM. Sehingga lebih dikenal dan memiliki daya saing," tandasnya.

Sakadar diketahui, PT Ladara Dharma Bhakti merupakan marketplace dan wadah bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

Saat ini Ikawati ATR/BPN telah memiliki mitra binaan sebanyak 6.000 UMKM. (*)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved