Breaking News:

Pemilu 2024

Pendaftaran PKB dan Gerindra Sempat Ricuh, KPU Segera Evaluasi

KPU akan mengevaluasi kericuhan saat proses pendaftaran Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Editor: Erik S
Ist
Massa simpatisan PKB-Gerindra ricuh. Massa terobos masuk gerbang Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang dijaga ketat oleh petugas keamanan. 

Laporan wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengevaluasi kericuhan saat proses pendaftaran Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Apalagi mengingat dari seluruh proses pendaftaran yang telah berlangsung dari tanggal 1 hingga 7 Agustus, baru kali ini ricuh dan aksi saling dorong terjadi.

Baca juga: PKB-Gerindra Daftar Pemiliu, Simpatisan Ricuh Terobos Masuk Gerbang KPU RI

"Memang kejadian pertama, kami langsung evaluasi untuk proses yang ada," ujar komisioner KPU, August Melasz kepada awak media dalam konferensi pers, Senin (8/8/2022).

Diketahui, saat PKB dan Gerindra melakukan pendaftaran. Sempat terjadi ricuh antara tim pengamanan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan tim pengamanan KPU RI. 

Massa mulai ricuh dan menorobos masuk ketika Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mulai hendak memasuki gerbang KPU RI. 

Kericuhan massa ini tak bisa dibendung lagi. Adu mulut juga sempat terjadi bahkan pihak keamanan KPU kewalahan hadapi serbuan massa. 

Akibat hal ini, banyak massa dari semua pihak terjatuh akibat saling dorong. Pun metal detector milik KPU RI sempat hampir terjatuh.

Baca juga: Fakta Prabowo dan Cak Imin Kompak Daftarkan Gerindra-PKB ke KPU, Kode Bakal Duet di Pilpres 2024 ?

Untungnya kericuhan tidak berlangsung lama dan bisa ditangani oleh seluruh pihak bersama-sama.

Kedatangan Prabowo dan Cak Imin datang bersama ke KPU RI untuk mendaftarkan diri sebagai calon peserta pemilu 2024. Keduanya disambut oleh ribuan partisan partai yang bertolak dari Masjid Sunda Kelapa. 

Mereka yang hadir membawa bendera dan mengenakan baju bergambarkan lambang PKB, Gerindra, wajah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Baca juga: Ahmad Dhani Kawal Prabowo Subianto Daftarkan Partai Gerindra ke KPU

Banyaknya massa yang memadati membuat jalan di depan Kantor KPU RI tertutup. Akibatnya akses kendaraan tersendat. Beberapa di antara mereka tampak meneriaki dukungan terhadap Prabowo maupun Cak Imin.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved