Polisi Tembak Polisi

Ferdy Sambo Jadi Tersangka, IPW Apresiasi Timsus Polri: Pekerjaan yang Sangat Berat!

Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi tim khusus (Timsus) Polri seusai Irjen Ferdy Sambo jadi tersangka pembunuhan berencana Brigadir J.

TRIBUNNEWS.com Irwan Rismawan/ISTIMEWA
Irjen Ferdy Sambo saat mendatangi Bareskrim Polri, Kamis (4/8/2022) (kiri) dan Brigadir J (kanan). Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi tim khusus (Timsus) Polri seusai Irjen Ferdy Sambo jadi tersangka pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi tim khusus (Timsus) Polri seusai Irjen Ferdy Sambo jadi tersangka pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso mengatakan pihaknya mengapresiasi kinerja Timsus Polri yang berusaha membongkar tewasnya Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo, mantan Kadiv Propam Polri itu.

"Pertama, IPW mengapresiasi kerja Timsus yang sudah berusaha keras di dalam menyidik perkara matinya Brigpol Y," kata Sugeng Teguh Santoso kepada Tribunnews.com, Rabu (10/8/2022).

Sugeng Teguh Santoso menuturkan banyak kesulitan yang dihadapi Timsus dalam mengungkap kasus ini, seperti barang bukti di tempat kejadian perkara (TKP) telah rusak dan hilang.

"Ini suatu pekerjaan yang sangat berat sesungguhnya karena pembuktian hukum itu soal bagaimana mengumpulkan alat bukti dan merangkainya menjadi satu dasar untuk menyusun untuk mengajukan penetapan yah. Jadi kita apresiasi Timsus," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Timsus juga mengembangkan penyelidikan lain dalam kasus tersebut, yakni soal dugaan pelanggaran kode etik terkait merusak TKP.

"Jadi IPW sangat mengapresiasi bekerjanya Timsus dan Irsus (Inspektorat Khusus) sehingga menetapkan tersangka," ungkap Sugeng.

Baca juga: Anggota DPR Apresiasi Polri Tangani Kasus Tewasnya Brigadir J, Bukti Tak Ada yang Kebal Hukum

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka baru dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

"Sore hari ini saya akan menyampaikan perkembangan terbaru tindak pidana di Duren Tiga, ini komitmen kami penekanan bapak Presiden untuk mengungkap secara cepat," kata Kapolri.

"Kami tetapkan 3 TSK Re, RR dan KM, tadi pagi dilaksanakan gelar perkara. dan Timsus telah memutuskan untuk menetapkan FS (Ferdy Sambo) sebagai tersangka," kata Kapolri.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved