Ketua Fraksi Golkar: Pidato Ketua MPR Tentang PPHN Bertentangan dengan Hasil Rapat Gabungan

Ketua Fraksi Golkar MPR RI, Idris Laena menanggapi pidato Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) terkait Pokok-pokok Haluan Negara (PPHN)

Penulis: chaerul umam
Editor: Endra Kurniawan
tangkap layar
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat Sidang Tahunan MPR 2022 pada Selasa (16/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Fraksi Golkar MPR RI, Idris Laena menanggapi pidato Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) terkait Pokok-pokok Haluan Negara (PPHN), yang disampaikan pada Sidang Tahunan MPR 2022.

Idris mengatakan hal tersebut sebenarnya tidak sejalan dengan putusan Rapat Gabungan MPR RI yang dihadiri 9 Fraksi dan Kelompok DPD RI.

"Oleh karena pernyataan itu tidak benar sama sekali dan cenderung menyesatkan, maka kami memandang perlu membantah atau meluruskan dari pada Pidato Ketua MPR RI tersebut," kata Idris di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Idris menilai seharusnya setiap putusan di institusi MPR mengacu pada mekanisme yang diatur dalam Tata Tertib MPR RI Nomor 1 Tahun 2019 sebagai acuannya.

Sebab, isi pidato Ketua MPR tentang PPHN bertentangan dengan hasil Rapat Gabungan 9 Fraksi dan Kelompok DPD RI pada tanggal 25 Juli 2022 lalu.

Baca juga: Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Penguatan Kebijakan Fiskal dan Moneter Atasi Ancaman Krisis Global

"Sampai sekarang 9 Fraksi di MPR dan Kelompok DPD RI masih belum menyikapi tentang PPHN yang dihasilkan oleh Badan Kajian MPR," ujarnya.

Idris mengungkapkan, sesuai dengan hasil Rapat Gabungan MPR pada tanggal 21 Juli 2022 lalu.

Hasil rapat memutuskan bahwa hasil kajian dari Badan Kajian itu akan dibawa terlebih dahulu pada Sidang Paripurna MPR.

"Di mana fraksi-fraksi dan Kelompok DPD RI diberi kesempatan untuk menanggapi hasil hasil kajian dari Badan Kajian MPR tentang Pokok Pokok Haluan Negara, PPHN, itu," ujarnya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved