Bursa Capres

Pengamat Sarankan Megawati Lakukan Tiga Langkah Ini untuk Redam Gejolak Dewan Kolonel-Dewan Kopral

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri perlu melakukan tiga langkah ini untuk meredam gejolak terkait dengan kehadiran Dewan Kolonel dan Dewan Kopral.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Wahyu Aji
Youtube BKN PDI Perjuangan
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri sampaikan pesan dalam Gebyar Penganugerahan ‘Piala Megawati Kawal Pancasila dari Desa’ Festival Desa ke-2 di Gedung DPP PDI Perjuangan. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS) Agung Baskoro pembentukan Dewan Kolonel yang diisi kader PDI Perjuangan di DPR RI.

Dewan Kolonel diisi tim sukses yang mendorong Puan Maharani (Puan) sebagai Capres.

Sementara Dewan Kopral dibentuk relawan Ganjar Pranowo untuk mengimbangi manuver sebagian elit DPR dari PDIP tersebut. 

Agung mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri perlu melakukan tiga langkah ini untuk meredam gejolak terkait dengan kehadiran Dewan Kolonel dan Dewan Kopral tersebut.

“Pertama, segera memutuskan siapa capres yang dipilih oleh PDIP,” kata Agung Baskoro, Kamis (22/9/2022).

Menurut Agung, dengan memutuskan sosok capres PDIP akan meminimalisir gejolak di internal maupun di eksternal partai. Pasalnya, ia menilai dinamika tersebut dapat mempengaruhi raihan elektoral PDIP dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

“Baik Ganjar atau Puan sesungguhnya sama-sama memiliki keunggulan dan keterbatasan. Namun dalam konteks Puan, pekerjaan rumah lebih banyak dan paling sulit adalah soal meningkatkan elektabilitasnya,” kata Agung.

Di sisi lain, Agung memahami PDIP punya ciri khas mengumumkan capres saat menjelang waktu penentuan. Namun, kata dia, jika hal itu masih dilakukan maka partai berlambang banteng itu akan semakin sulit berkoalisi dengan partai lain yang kini sudah mulai mengerucut. 

Sejumlah koalisi itu di antaranya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Koalisi Indonesia Raya (KIR), dan Poros Gondangdia (PG).

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved