KTT G20 Bali

Paparan Prabowo di Global Food Security Forum Mendapat Apresiasi

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tekankan pentingnya negara-negara di dunia menghindari konflik guna mengantasi krisis global secara bersama-sama.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Willem Jonata
Tribunnews.com/ Taufik Ismail
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hadiri Global Food Security Forum di Bali, Minggu (13/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberikan materi pada Global Food Security Forum di Bali, Minggu (13/11/2022).

Dalam acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Prabowo menekankan pentingnya negara-negara di dunia menghindari konflik guna mengantasi krisis global secara bersama-sama. Namun, tidak berarti mengabaikan pertahanan.

Baca juga: Hadiri Forum Global Food Security, Prabowo: Singkong Bisa Jadi Tanaman Penyelamat Dunia

"Kita harus menghindari konflik, tapi bukan berarti kita tanpa pertahanan, tidak! Sebab, manusia sebagai spesies suka menguasai dan mengambil apa yang ada di depannya yang tak dilindungi dan dipertahankan. Ini sifat manusia," katanya.

Prabowo mengajak pemimpin dunia bersatu dalam mengatasi krisis global yang tengah terjadi, termasuk dalam menyelesaikan masalah pangan. Pasalnya kata Prabowo saat ini kelaparan akut melanda berbagai negara disebabkan salah satunya karena konflik antarnegara.

"Memecahkan kerawanan pangan, ya, soal bibit, soal teknologi. Soal ini itu. Tetapi, yang lebih penting adalah kesatuan, kekompakan, kemampuan antarelite nasional dan internasional untuk bekerja sama," ujar Prabowo.

"Apakah kita ingin menyelesaikan konflik atau tidak? Jika kita tidak menyelesaikan konflik, kita memasuki wilayah yang sangat berbahaya dan zona waktu yang berbahaya," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Prabowo berharap negara-negara di dunia mencapai kesepakatan bersama terhadap sejumlah permasalahan global khususnya dalam KTT G20 di Bali.

"Bali juga sering disebut sebagai Pulau Dewata, Island of the God. Kami berharap akan ada magis dan keajaiban di Pulau Dewata yang kami datangi demi kedamaian dan kemakmuran," katanya.

Usai Prabowo memaparkan materi, para peserta dalam forum tersebut memberikan standing applause. Pujian pun diberikan wartawan senior sekaligus moderator diskusi, Desi Anwar.

"Saya tidak bisa berkata-kata, ceramah yang luar biasa karena subtantif. Saya pikir kita semua sepakat bahwa mendapat banyak pelajaran dari paparan Prabowo," imbuh Desi.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved