Gempa Berpusat di Cianjur

Sambangi Cianjur, Panglima TNI Evaluasi Kekuatan Pasukan di Lokasi Gempa

Sambangi lokasi gempa di Cianjur, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa evaluasi kekuatan bantuan TNI perlu ditambah atau tidak.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Theresia Felisiani
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI
GEMPA BUMI CIANJUR - Tim gabungan TNI/Polri dengan alat berat mencari dan evakuasi korban Gempa Cianjur yang meninggal dunia, Rabu (23/11/2022). Sambangi lokasi gempa di Cianjur, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa evaluasi kekuatan bantuan TNI perlu ditambah atau tidak. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengunjungi Cianjur, Jawa Barat pada Rabu (23/11/2022) siang.

Adapun selain memberi bantuan bagi korban bencana, kedatangan Andika Perkasa juga dalam rangka mengevaluasi kekuatan bantuan TNI.

“Saya ke sini sekaligus untuk mengevaluasi apakah kekuatan TNI sudah cukup atau belum,” kata Andika Perkasa seperti dikutip dari live streaming Kompas TV, Rabu. 

Andika Perkasa menerangkan dirinya turut menemui Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto untuk menginventarisir bagaimana kekuatan prajurit TNI yang diperbantukan dalam tanggap bencana di Cianjur

Jika dari hasil evaluasi bantuan tenaga TNI dirasa kurang, maka dirinya akan menambah pasukan untuk diterjunkan ke lokasi bencana. 

“Saya ketemu dengan Kepala BNPB dalam rangka untuk menginventarisir, begitu nanti dari hasil kunjungan ini kurang (prajurit), kita bisa tambah, sangat bisa,” ungkap dia.

Selain bantuan dari sisi personel, TNI kata Andika Perkasa juga menyiapkan bantuan seperti alat berat, fasilitas kesehatan, dapur lapangan hingga psikolog.

“Sejauh ini kita merasa sudah cukup, sehingga pasukan tambahan belum ada. Makanya saya ingin mengonfirmasi hari ini,” lanjut Andika Perkasa

“Personel, alat berat, fasilitas kesehatan, dapur lapangan, psikolog kalau memang diperlukan kita juga siap. Kami sudah siapkan,” tutupnya. 

GEMPA BUMI CIANJUR - Tim gabungan TNI/Polri dengan alat berat mencari dan evakuasi korban Gempa Cianjur yang meninggal dunia, Rabu (23/11/2022). TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
GEMPA BUMI CIANJUR - Tim gabungan TNI/Polri dengan alat berat mencari dan evakuasi korban Gempa Cianjur yang meninggal dunia, Rabu (23/11/2022). TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN (TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI)

Sebagai informasi, sebelumnya Komandan Korem (Danrem) 061 Surya Kencana Brigjen TNI Rudi Saladin mengungkapkan bahwa 400 anggota tim gabungan diturunkan untuk evakuasi lokasi longsor dampak gempa di Cianjur

Sebanyak delapan alat berat berupa ekskavator juga dikerahkan untuk evakuasi lokasi longsor di Cianjur.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved