Pernikahan Kaesang dengan Erina Gudono

Profil Luhut Binsar Pandjaitan, Tokoh yang Dimintai Doa Restu dalam Prosesi Siraman Kaesang Erina

Luhut Binsar Pandjaitan akan dipercaya mendoakan calon pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat prosesi siraman, hari ini, Jumat (9/12/2022).

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Garudea Prabawati
Tribunnews/Naufal Lanten
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan - Luhut Binsar Pandjaitan akan dipercaya mendoakan calon pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat prosesi siraman, hari ini, Jumat (9/12/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah tokoh akan dipercaya mendoakan calon pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat prosesi siraman, hari ini, Jumat (9/12/2022).

Salah satunya adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Kabinet Indonesia Maju, Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut lahir di Huta Namora, Silaen, Toba Samosir, Sumatra Utara pada 28 September 1947.

Mengutip perpusnas.go.id, Luhut merupakan anak ke-1 dari 5 bersaudara pasangan Bonar Pandjaitan dan Siti Frida Naiborhu.

Ia menikah dengan Devi Simatupang dan memiliki 4 anak, yaitu: Paulina, David, Paulus dan Kerri Pandjaitan.

Baca juga: Apa itu Siraman? Upacara Pernikahan yang Dijalani Kaesang Pangarep Hari Ini

Riwayat Hidup Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia pada juli 2016 dan dipilih kembali pada masa Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Maaruf amin priode 2019-2024.

Ia juga menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia sejak 31 Desember 2014 hingga 2 September 2015.

Pada 12 Agustus 2015 ia ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno.

Dalam reshuffle Kabinet Kerja Jilid II pada tanggal 27 Juli 2016, dia diangkat menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman menggantikan Rizal Ramli.

Pada tanggal 15 Agustus 2016, Jokowi mengambil langkah terkait polemik kepemilikan paspor Amerika Serikat (AS) Menteri ESDM Arcandra Tahar, sehingga Jokowi memberhentikan secara hormat Arcandra Tahar dari Menteri ESDM, dan menunjuk Luhut yang juga menjadi Menko Maritim, untuk menjadi pejabat sementara (Plt) Menteri ESDM.

Sebelum masuk dalam Kabinet Kerja, Luhut pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2000 - 2001 saat Abdurrahman Wahid menjabat sebagai Presiden RI 1999 - 2001.

Sebelum menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan, ia menjabat Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalan acara peluncuran Electronic Visa on Arrival (e-VOA) di Nusa Dua, Bali pada Kamis (10/11/2022).
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalan acara peluncuran Electronic Visa on Arrival (e-VOA) di Nusa Dua, Bali pada Kamis (10/11/2022). (Istimewa)

Baca juga: Hari Ini Dijalani Kaesang-Erina, Budayawan Ungkap Makna Siraman Jelang Nikah, Bersihkan Batin

Karier Luhut Binsar Pandjaitan di Pemerintahan

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved