Algobash.com Membantu Perusahaan Merekrut Talenta Programmer Terbaik

Algobash, platform yang membantu proses hiring tech-talent memperoleh pendanaan awal dari Init-6.

Istimewa
Algobash yang didirikan oleh Elfino Sitompul dan Melinda Wardiman percaya bahwa talenta teknologi akan selalu dibutuhkan. 

Tribunnews.com - “Ada ketidaksesuaian besar antara supply dan demand talenta teknologi di Indonesia. Bertentangan dengan apa yang diyakini orang, ada banyak jumlah talenta teknologi. Masalahnya adalah kesenjangan kualitas antara bakat yang tersedia dan apa yang dibutuhkan. Algobash mencoba memecahkan masalah dengan meningkatkan talenta dan membantu perusahaan memilih kandidat terbaik untuk kebutuhan talenta mereka.” Nugroho Herucahyono, Partner Init-6.

Untuk menjamin kualitas talenta, khususnya programmer, diperlukan proses penyaringan kemampuan teknis yang baik dan cara untuk meningkatkan kualitas talenta. Algobash.com menerapkan dua solusi: SaaS coding test dan pre-employment assessment untuk memastikan perusahaan mendapatkan talenta terbaik dan kursus programming untuk membantu talenta meningkatkan keterampilan.

Shortlist Talenta Tanpa Bias
Menyeleksi calon karyawan biasa dilakukan melalui resume. Namun, cara tersebut sangat tinggi terpapar subjektivitas dan mengekspos perusahaan terhadap bad hiring. Berdasarkan penelitian oleh U.S. Department of Labor, praktek tersebut dapat memakan biaya sebesar 30 persen dari gaji karyawan di tahun pertama.

Melalui solusi coding test dan pre-employment assessment, Algobash.com memastikan proses rekrutmen yang objektif, non-bias, dan masif. Hal tersebut tidak hanya membantu perusahaan terhindar dari resiko bad hiring, tetapi juga memastikan kesempatan kerja yang setara dan rata untuk seluruh talenta yang ada.

“Algobash.com adalah satu-satunya coding tes buatan Indonesia dengan standard yang tidak kalah saing dengan produk Silicon Valley. Kami bahkan bisa melaksanakan coding competition sebagai salah satu cara rekrutmen yang kreatif. Tentunya akan lebih banyak lagi fitur untuk recruiter agar kami bisa menjadi satu-satunya solusi hiring bagi perusahaan” tambah Melinda Wardiman COO Algobash.com.

Algobash.com sudah melakukan ujian terhadap ribuan talenta untuk berbagai macam client di berbagai bidang termasuk bank, fintech, e-commerce dan korporat. Algobash secara aktif mendukung Bluebird, Paragon, KoinWorks, dan lainnya untuk pre-employment test mereka.

Menjadi Jembatan Solusi Hulu ke Hilir
“Selain kami membuka kesempatan kerja menjadi lebih terbuka dan adil, kunci dari digital transformation adalah qualified talents. Untuk itu dibutuhkan sebuah solusi yang lebih scalable dari sekedar solusi tradisional. Semua bisa belajar programming secara interaktif di Algobash dengan environment layaknya saat bekerja nanti” jelas Elfino Sitompul, CEO Algobash.com.

Kandidat yang ingin belajar atau mengasah kemampuan programming-nya nanti dapat mengikuti Algobash Course. Algobash.com dapat membantu kandidat belajar dengan harga yang jauh lebih efisien daripada bootcamp konvensional. Platform Algobash menyediakan belajar interaktif dengan environment yang sama persis digunakan saat bekerja nanti.

Kandidat yang berhasil lulus dengan nilai yang baik dan berkenan dicarikan kerja akan direkomendasikan oleh algoritma Algobash.com melalui produk talent pool kepada perusahaan. Dengan solusi tersebut, Algobash.com dapat menyelesaikan masalah dari hulu ke hilir rekrutmen di Indonesia.

Pendanaan Awal dari Init-6 
Pada pertengahan tahun 2022, Algobash.com berhasil mengantongi pendanaan dari Init-6 binaan Co-founder Bukalapak Achmad Zaky dan Nugroho Herucahyono dengan nominal yang tidak disebutkan. Algobash.com yakin melalui dukungan tersebut akan membuat Indonesia memiliki kualitas dan kuantitas programmer yang tidak kalah bersaing dengan negara Asia lainnya. 

“Potensi Algobash.com masih luar biasa besar. Solusi Algobash.com tidak hanya bisa diaplikasikan di Indonesia saja tetapi juga market global. Mindset kami adalah sustainability, sehingga solusi yang kami buat adalah sebuah cycle rekrutmen yang menguntungkan semua pihak.” tambah Elfino Sitompul.

Algobash didirikan oleh Elfino Sitompul dan Melinda Wardiman. Keduanya mempercayai bahwa talenta teknologi akan selalu dibutuhkan.

“Kami percaya bahwa para pendiri Algobash dapat membawa solusi mereka tidak hanya berlaku untuk pasar Indonesia tetapi juga berlaku untuk pasar regional atau bahkan pasar global di masa depan. Dengan situasi winter saat ini, perusahaan perlu berhati-hati dalam perekrutan. Algobash bisa menjadi solusi sempurna untuk membantu perusahaan memastikan talenta yang direkrut adalah yang terbaik untuk mereka.” Kata Rexi Christopher, Venture Partner Init-6.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved