Sejarah Panjang Scania, Hingga Tampil Jadi Produsen Truk dan Bus Terkemuka Dunia

Pada 1911, munculnya masalah keuangan di Vabismembuat kedua perusahaan ini memutuskan untuk bergabung, dan membentuk AB Scania-Vabis.

Sejarah Panjang Scania, Hingga Tampil Jadi Produsen Truk dan Bus Terkemuka Dunia
TRIBUNNEWS/WILLY WIDIANTO
Deretan truk heavy duty Scania dipajang berderet di area test drive untuk media. 

Laporan Reporter Tribunnews, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, SODERTALJE - Scania Aktiebolag (publ), atau lebih terkenal sebagai Scania AB kini tampil sebagai produsen kendaraan komersial terkemuka dari Swedia, yang berspesialisasi memproduksi truk dan bus.

Scania juga memproduksi mesin diesel untuk keperluan maritim dan sebagainya.

Sebelum besar seperti sekarang dan menjadi bagian dari Volkswagen AG, Scania telah melalui perjalanan bisnis yang begitu panjang.

Didirikan tahun 1891 di Malmö, Skåne, Swedia, kantor pusat Scania telah bertempat di Södertälje sejak tahun 1912. Saat ini, Scania memiliki beberapa pabrik di Swedia, Perancis, Belanda, Argentina, Brasil, Polandia, dan Rusia.

Logo Scania menampilkan binatang griffin, yang merupakan lambang dari provinsi Skåne.

Scania AB merupakan hasil penggabungan dari 2 perusahaan, yakni Vabis dan Scania.

Vabis didirikan pada tahun 1891 sebagai anak usaha dari Surahammars Bruk, yang berkantor pusat di Södertälje, untuk memproduksi gerbong-gerbong kereta api. Pada tahun 1902, Gustaf Erikson mendesain truk pertama Vabis.

Hingga tahun 1907, Vabis juga telah mengembangkan truk berbobot 3 ton, dan walaupun telah memenangkan penghargaan Swedish Royal Automobile Club pada tahun 1909, model baru ini tidaklah terlalu populer.

Truk heavy tipper Scania dan Iveco di area Truck Demo di pameran kendaraan komersial GIICOMVEC 2018 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/3/2018).
Truk heavy tipper Scania dipamerkan ke pengunjung di area Truck Demo di pameran kendaraan komersial GIICOMVEC 2018 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/3/2018). (HO)

Scania didirikan pada tahun 1900 di Malmö, Swedia, dan memulai usaha dengan memproduksi sepeda. Pada tahun 1903, Scania mulai memproduksi mobil. Dua tahun kemudian, Scania juga mulai memproduksi truk pertamanya.

Halaman
1234
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved