Kenali Jenis-jenis Produk Peredam Mobil Agar tak Kecela dengan Hasilnya

Faktanya, untuk pemasangan jenis peredam mobil juga harus dilihat dari bagian mobil yang ingin dipasangkan.

Kenali Jenis-jenis Produk Peredam Mobil Agar tak Kecela dengan Hasilnya
Dok. Asuka
Memasang peredam di lantai kabin mobil. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Modifikasi mobil kini tak lagi sekadar hobi, tapi juga kebutuhan bagi para pemilik mobil karena kualitas fitur dan perlengkapan di kabin mobil yang berasal dari agen pemegang merk (APM) saat mobil dibeli, kurang memuaskan selera.

Selain modifikasi audio dan head unit, modifikasi yang sekarang juga banyak dilakukan adalah melakukan setting ulang peredaman kabin. 

Penambahan peredam biasanya dilakuakn pemilik mobil untuk mendapatkan suara lebih senyap di kabin modil dari kebisingan suara dari luar.

Selain berfungsi membuat kabin mobil lebih senyap atau hening dari suara luar, peredam juga mempunyai banyak fungsi yang Anda belum ketahui.

Mas Yanto, seorang installer peredam mobil dari Begja Autotronics mengatakan, selain untuk membuat kabin mobil lebih senyap atau hening, peredam mobil yang bagus juga berfungsi untuk menahan panas.

"Peredam juga berfungsi menahan getaran serta untuk meredam suara audio mobil tidak memantul sehingga kualitas audio yang didengar telinga lebih bagus atau kedengaran jernih," jelasnya.

Baca: Begalz Racing, Klub Balap Moge yang Semua Anggotanya Pilot Garuda Indonesia

Peredam mobil murah hingga kelas peredam mobil premium banyak pilihannya di pasaran.

Banyaknya merek peredam yang beredar di pasaran membuat konsumen harus pintar memilih jenis peredam.

Material peredam mobil juga beragam, seperti aspal, gel, bahan busa, serfta alumunium foil atau disebut juga rubber butyl yang belakangan ramai dipakai.

Baca: 102 Starter Ramaikan Indonesia Drag Wars Akhir Pekan di Lanud Rumpin

Mas Yanto menjelaskan, peredam mobil yang bagus sebaiknya tidak hanya terdiri dari satu  jenis peredam untuk semua bagian mobil.

Faktanya, untuk pemasangan jenis peredam mobil juga harus dilihat dari bagian mobil yang ingin dipasangkan.

Untuk setiap bagian mobil sebaiknya menggunakan tipe peredam yang sesuai.

Baca: Kominfo Cabut Izin Frekuensi First Media, Internux dan Jasnita Setelah 3 Kali Diperingatkan

"Ada jenis peredam yang dibuat khusus untuk dipasang di door trim pintu mobil, rubber seal pintu mobil, untuk di alas mobil, kolong mobil maupun dashboard mobil," ungkap Mas Yanto.

Ada juga peredam yang biasanya dipasang di bagian atap serta kap mesin kendaraan untuk meredam hawa panas, getaran dan suara yang dihasilkan mesin mobil agar tidak masuk ke kabin.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved