Isuzu Mu-X i-Series Layak Dibeli Atau Tidak?

Kami membandingkan Isuzu MU-X i-Series dengan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra dan Hyundai Santa Fe.

Isuzu Mu-X i-Series Layak Dibeli Atau Tidak?
Tribunnews/Deodatus Pradipto
Isuzu MU-X i-Series 

Laporan wartawan Tribunnews.com Deodatus Pradipto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belum lama ini Tribunnews.com mendapat pertanyaan menarik soal Isuzu MU-X i-Series, varian terbaru dari MU-X yang diperkenalkan ke publik sejak Juli 2019. Pertanyaannya adalah, "Apakah SUV tersebut layak dibeli atau tidak?"

Well, pada 13-14 November 2019 lalu Tribunnews.com mendapat kesempatan untuk menjajal Isuzu MU-X i-Series secara langsung. Tribunnews.com dan sejumlah media massa bertualang dengan SUV bermesin diesel ini pergi-pulang Jakarta-Sukabumi.

Selama bertualang, hal yang selalu terjadi adalah bagaimana kami membandingkan Isuzu MU-X i-Series dengan kompetitornya. Sebut saja Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra dan Hyundai Santa Fe.

Di antara semua SUV tersebut, Isuzu MU-X i-Series adalah yang termurah. Mengacu pada daftar harga on-the-road Jabodetabek yang dirilis Isuzu, MU-X i-Series dibanderol Rp449 juta.

Isuzu MU-X i-Series 1
Isuzu MU-X 4x2 i-Series ditopang mesin Turbo Diesel Isuzu 4JK1-TC, 2.5L berteknologi Direct Fuel Common Rail bertekanan tinggi. Mesin itu memiliki tenaga sebesar 136 ps dan torsi flat 32,6 Kgm/1.800-2.800 rpm. Mesin MU-X ini juga didukung system Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System).

Mari kita bandingkan dengan kompetitornya. Varian terendah Toyota Fortuner dibanderol Rp476,05 juta. Pajero Sport dibanderol Rp481,5 juta. Nissan Terra termurah dibanderol Rp464 juta, sedangkan Hyundai Santa Fe dibanderol Rp526 juta.

Sebagai catatan tambahan, di antara lima SUV tersebut, hanya Isuzu MU-X i-Series dan Hyundai Santa Fe yang bertransmisi otomatis.

Lalu apa saja yang membuat Isuzu MU-X i-Series ini layak dibeli? Selain dari harganya yang paling murah, MU-X i-Series memiliki kelebihan dibandingkan kompetitornya, terutama Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Kelebihan pertama adalah di sistem pengereman. Di antara tiga mobil tersebut, hanya Isuzu MU-X i-Series yang menggunakan rem cakram di empat rodanya. Pajero Sport dan Toyota Fortuner masih menggabungkan rem cakram di depan dan rem tromol di belakang.

Isuzu MU-X i-Series 2
Isuzu MU-X i-Series menggunakan suspensi 5-link coil spring dengan gas shock absorbers dan stabiliser bar di belakang.

Kelebihan kedua adalah suspensi. Isuzu mempertahankan DNA kenyamanan di sistem peredam saat melahirkan MU-X, termasuk i-Series. Isuzu MU-X i-Series menggunakan suspensi 5-link coil spring dengan gas shock absorbers dan stabiliser bar di belakang. Hanya Toyota Fortuner yang mendekati kehebatan Isuzu MU-X karena menggunakan 4-Link dengan lateral rod, sedangkan Pajero Sport menggunakan 3-Link coil spring dengan stabilizer bar.

Halaman
12
Penulis: Deodatus Pradipto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved