Buset! Payload Cuma 620 Kg, Colt T120 Tua Ini Bisa Angkut Bata Merah Nyaris 5 Ton

Di masanya, Mitsubishi Colt T120 hadir dalam 2 versi, versi pick up dan versi station. Versi station bodinya dikerjakan oleh karoseri loka

Buset! Payload Cuma 620 Kg, Colt T120 Tua Ini Bisa Angkut Bata Merah Nyaris 5 Ton
FB Sejarah Transportasi
Penampakan pick up Colt T120 tua mengangkut bata merah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mitsubishi Colt T120 sejak lama dikenal sebagai pick up legendaris yang dikenal handal dalam muatan dengan mesin bandel dan kaki-kaki kokoh.

Pick up ini sangat populer di era 1980-an sebagai sarana transportasi manusia dan barang antar kota, terutama di Pulau Jawa, sebelum pick up bermesin bensin lainnya dari Suzuki dan Daihatsu mengisi pasar di Indonesia.

Tak heran jika sampai saat ini populasinya masih cukup banyak, terutama di kawasan pedesaan di Pulau Jawa untuk angkutan barang dan hasil pertanian.

Di masanya, Mitsubishi Colt T120 hadir dalam 2 versi, versi pick up dan versi station untuk angkutan penumpang. Versi station bodinya dikerjakan oleh karoseri lokal.

Untuk versi pick up-nya, sejak lama Colt T120 mampu mengangkut barang melebihi tonasenya.

Seperti yang diposting netizen Rully Novianto di grup obrolan Sejarah Transportasi yang unggahannya Tribunnews simak Jumat, 20 Maret 2020.

Penampakan pick up Colt T120 tua
Penampakan pick up Colt T120 tua mengangkut bata merah.

Colt T 120 pick up warna abu-abu yang dia posting fotonya, menurut hitung-hitungannya ternyata sanggup membawa muatan bata merah hingga hampir 5 ton, tepatnya 4.960 kg.

Ini artinya muatannya diestimasikan mencapai 8 kali lipat dari payload yang diizinkan oleh Dinas Perhubungan.

"Fakta membuktikan. Bagaimana nggak terbukti kehandalannya.....pay load yang diijinkan cuma 620 kg tapi muatannya bisa nyampai 2500 biji batu bata....yang beratnya bisa mencapai kurang lebih 5000 kg. Betapa tabahnya mobil ini," tulis Rully Novianto.

Hitung-hitungan daya angkut pick up tua Colt T120 oleh netizen di grup Sejarah Transportasi di Facebook.
Hitung-hitungan daya angkut pick up tua Colt T120 oleh netizen di grup Sejarah Transportasi di Facebook. (Screnshoot FB)

Hitung-hitungannya, pick up ini memiliki bak panjang lebar dan tinggi 2.400x1450x30 mm.

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved