Breaking News:

Garap Sektor Kesehatan, Isuzu MU-X Jadi Armada Ambulans

penjualan ritel otomotif nasional sepanjang Januari hingga Agustus 2020 hanya 364.034 unit atau turun 46,4 persen dari periode yang sama tahun lalu

ist
Isuzu MU-X. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Industri otomotif terus berjuang agar bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19. Sejak wabah corona merebak, daya beli masyarakat menurun, penjualan otomotif pun anjlok drastis.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, penjualan ritel otomotif nasional sepanjang Januari hingga Agustus 2020 hanya 364.034 unit atau turun 46,4 persen dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar 675.263 unit.

Anjloknya penjualan itu memaksa agen tunggal pemegang merek (ATPM) mencari berbagai strategi agar tidak terus tergerus. Salah satunya dengan membidik sektor-sektor yang tidak terlalu mengalami kontraksi akibat pandemi.

Strategi itu juga dilakukan Astra Isuzu. Kali ini, Astra Isuzu gencar membidik peluang pasar di sektor-sektor yang potensial, seperti sektor kesehatan.

“Upaya yang kami lakukan adalah penetrasi ke sektor yang tidak terlalu besar terkena dampak Covid-19. Salah satunya sektor yang berhubungan dengan kesehatan,” tutur Kepala Wilayah Sulawesi PT Astra International Tbk - Isuzu (Astra Isuzu) Samuel Pilo kepada wartawan, Selasa (22/9/2020).

Baca: Penjualan Mobil Bekas di Jaringan Auto Value Suzuki Mulai Menggeliat

Produk sport utility vehicle (SUV) andalan Isuzu, MU-X 4x4 diubah menjadi ambulans. Ternyata, disambut pasar. Bulan ini, secara bertahap Astra Isuzu mulai menyerahkan 11 unit ambulans MU-X 4x4 pesanan sejumlah pemerintah daerah di Sulawesi Utara. 

Baca: Beli Mobil Bekas, Jangan Lupa Cek Bagian Penting Ini

Pesanan terbanyak, yakni lima unit diserahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Penyerahan dilakukan Kepala Cabang Astra Isuzu Manado Elieser Roy Adung kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dr Kerry Monangin di sela-sela peluncuran program Public Service Center (PSC) 119 di Talaud, Senin (21/9/2020).

Roy mengatakan, pihaknya menawarkan Isuzu MU-X 4x4 untuk dijadikan ambulans kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud karena kondisi medan di wilayah itu yang cukup ekstrem untuk melayani puskesmas di pelosok. 

Halaman
123
Penulis: Sanusi
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved