Breaking News:

Tips Menyiapkan Touring Motor Jarak Jauh di Masa Pandemi Ala YRFI Bali

Kegiatan touring jarak jauh yang dilaksanakan di masa pandemi membutuhkan persiapan yang tidak sederhana.

dok. YRFI Bali
Ilustrasi - Touring jarak jauh ke Bromo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Touring merupakan kegiatan yang asik bagi para penikmat motor. Terutama jika dilakukan bersama rekan-rekan club atau komunitas motor. Momen kebersamaan selama perjalanan akan menjadi kenangan tersendiri.

Seperti yang dilakukan komunitas Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI) Bali pada 4 – 6 Juni 2021 lalu ketika melaksanakan touring dengan tujuan akhir Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan tema Lilacita Ring Bromo.

Kegiatan touring jarak jauh yang dilaksanakan di masa pandemi membutuhkan persiapan yang tidak sederhana.

"Ada beberapa hal yang wajib untuk dipersiapkan dengan baik, mengingat kondisi saat ini masih pandemi," ujar Rofiq, Sekjen YRFI Provinsi Bali.

Berikut tips menyiapkan touring jarak jauh di masa pandemi ala YRFI Bali.

1. Siapkan kondisi motor

Karena perjalanan yang akan ditempuh cukup panjang maka kondisi motor harus prima. Lakukan service berkala di jaringan dealer terdekat di kotamu agar nantinya motor dalam kondisi aman dan nyaman.

Dalam service berkala, motor akan diperiksa secara detil mulai dari kelayakan ban, kondisi sprocket-rantai, fungsi rem, kondisi oli, fungsi lampu sampai tegangan baterai.

Baca juga: Cara Merawat Rantai Sepeda Motor: Gunakan Pelumas, Pakai Penggaris untuk Ukur Kekenduran

Selain itu pada bagian mesin juga akan diperiksa seperti pembersihan saringan udara, CVT, karburator atau injector juga pemeriksaan kompresi. Setelah melalui perawatan berkala tersebut tentu motor kita akan siap diajak touring.

2. Tentukan rute touring

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved