Breaking News:

Zero ODOL Diberlakukan Mulai 2023, Ini Dampaknya Buat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Kalau semua industri dipaksa harus Zero ODOL pada 2023 akan sulit bagi mereka untuk mengubah truk-truk menjadi ukuran yang tidak zero ODOL

istimewa
Satlantas Polres Tulungagung melakukan penegakan hukum terhadap truk Over Dimension Over Loading atau yang sering disingkat ODOL. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Biro Pusat Statistik (BPS) menyatalan, akibat pandemi Covid-19, ekonomi Indonesia mengalami kontraksi pertumbuhan sebesar 2,07 persen.

Dari sisi produksi, kontraksi pertumbuhan terdalam terjadi pada lapangan usaha transportasi dan pergudangan sebesar 15,04 persen.

Sementara itu, dari sisi pengeluaran hampir semua komponen terkontraksi. Ekspor barang dan jasa menjadi komponen dengan kontraksi terdalam sebesar 7,70 persen.

Sementara, impor barang dan jasa yang merupakan faktor pengurang terkontraksi sebesar 14,71 persen.

Guru Besar Fakultas Teknik UGM yang juga Ketua Tim Teknis Penyusun Kajian Indonesia Menuju Zero Odol, Sigit Priyanto, mengutarakan penerapan Zero ODOL pada 2023 mendatang akan menyebabkan terjadinya penurunan PDB sebesar 0,057%.

“Hal itu terjadi karena setiap 1% penurunan efisiensi aktivitas jasa transportasi darat, ternyata menyebabkan penurunan PDB riil 0,057%,” katanya dalam acara FGD bertajuk “Kebijakan Zero ODOL, Kesiapan Industri dan Tantangan Menjaga Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19, yang diselenggarakan Warta Ekonomi, baru-baru ini.

Baca juga: Gawat! 59 Persen Truk yang Melintas di Jalan Tol Melanggar Aturan ODOL

Dia mengatakan penurunan efisiensi itu terjadi karena adanya kenaikan biaya transportasi yang ujung-ujungnya akan menaikkan biaya atau harga barang.

Karena itu, dia mengusulkan perlunya studi yang lebih detail terkait berbagai unefisiensi dalam pengangkutan barang di Indonesia sebelum Zero ODOL ini benar-benar diterapkan.

Baca juga: Truk ODOL Bikin Rusak Jalan Celaka Orang, Begini Sikap Isuzu

Kalau semua industri dipaksa harus Zero ODOL pada 2023 mendatang, menurut Sigit, akan sulit bagi mereka untuk mengubah truk-truk menjadi ukuran yang tidak zero ODOL karena butuh duit yang banyak.

Baca juga: Kecelakaan Tunggal Truk ODOL di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 54 Arah Cikampek

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved