Breaking News:

GIIAS 2021

Tips Agar Klaim Mobil yang Terendam Banjir Disetujui oleh Pihak Asuransi

Pemilik mobil sebaiknya mekakukan beberapa hal demi meminimalisir risiko kerusakan pada mobil dan tetap bisa melakukan klaim asuransi kendaraannya.

Editor: Choirul Arifin
Tribunnews/Herudin
Sejumlah kendaraan melintas perlahan saat tol Jakarta-Cikampek (Japek) banjir di Jatibening, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020). Curah hujan yang tinggi dan drainase yang buruk membuat sejumlah ruas tol Jakarta-Cikampek terendam banjir. Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tibanya musim hujan saat ini bisa memicu banjir di sejumlah kota besar, misalnya di Jakarta.

Hal ini memicu kekhawatiran potensi banjir akan ikut merendam mobil kita. Jika sedang menghadapi kondisi seperti itu, sebaiknya kita jangan panik.

L. Iwan Pranoto, Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra mengatakan, pemilik mobil sebaiknya mekakukan beberapa hal berikut demi meminimalisir risiko kerusakan pada mobil dan tetap bisa melakukan klaim asuransi kendaraannya.

Berikut rinciannya:

1. Selalu pastikan posisi mobil aman

Pastikan terdapat opsi untuk memindahkan dan mengevakuasi mobil ke posisi yang lebih tinggi pada saat banjir.

Sejumlah kendaraan melintas perlahan saat tol Jakarta-Cikampek (Japek) banjir di Jatibening, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020). Curah hujan yang tinggi dan drainase yang buruk membuat sejumlah ruas tol Jakarta-Cikampek terendam banjir. Tribunnews/Herudin
Sejumlah kendaraan melintas perlahan saat tol Jakarta-Cikampek (Japek) banjir di Jatibening, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020). Curah hujan yang tinggi dan drainase yang buruk membuat sejumlah ruas tol Jakarta-Cikampek terendam banjir. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

Apabila tidak sempat melakukan pemindahan atau evakuasi mobil, Anda bisa menutup knalpot terlebih dahulu supaya air tidak masuk ke dalam mesin mobil yang dapat merusak mesin.

2. Lepaskan kabel negatif aki untuk mencegah korsleting listrik

Pemilik mobil jangan ragu untuk melepaskan kabel negatif pada aki atau baterai guna mencegah korsleting listrik.

Baca juga: Foto-foto Jokowi Sambangi Booth APM di GIIAS 2021, Coba Kabin Almaz RS dan Jajal Minicab MiEV

Ciri-ciri kabel negatif pada aki atau baterai ditandai dengan simbol - (minus atau kurang), kabel yang menempel pada terminal negatif aki atau baterai adalah warna hitam polos atau yang sejenisnya.

Baca juga: Ramaikan GIIAS 2021, Diton Pamerkan Teknologi Dashboard Coating

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved