Dukung Kelancaran Logistik, Berikut Lima Tips Bikin Kendaraan Aman

Infrastruktur jalan tol yang telah dibangun seperti tol Cipali dan tol lintas Sumatera mendukung perjalanan darat jarak jauh.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA
Ilstrasi: Sejumlah kendaraan melintas jaln tol Trans Sumatera (JTTS) Bakauheni-Palembang, Lampung Selatan 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Infrastruktur jalan tol yang telah dibangun seperti tol Cipali dan tol lintas Sumatera mendukung perjalanan darat jarak jauh.

National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT Hankook Tire Indonesia Ahmad Juweni, mengatakan untuk menempuh berbagai perjalanan di berbagai wilayah, kesehatan kendaraan perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh.

"Beberapa komponen kendaraan harus di cek kembali seperti kondisi rem, kemudi, visibilitas termasuk lampu, kaca, wiper dan ban," tutur Ahmad.

Baca juga: Pakai Pengisian Daya Induktif, Baterai Mobil Listrik Fiat 500 Nggak Habis Dibuat Jalan

Secara teori, kendaraan memang harus dicek secara berkala, namun khusus sebelum perjalanan jarak jauh, pemilik dan pengemudi kendaraan niaga harus melakukan pengecekan kembali untuk memastikan tidak ada kendala saat diperjalanan.

Berdasarkan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), perjalanan jarak jauh merupakan perjalanan dengan minimal jarak 250 kilometer atau minimal 4 jam perjalanan.

Pengecekan sebelum perjalanan panjang diperlukan terlepas dari usia kendaraan. Kendaraan yang baru pun tidak luput dari pengecekan untuk memprediksi dan mengantisipasi kendala yang mungkin akan muncul selama perjalanan.

Data dari SnP Global menunjukan bahwa (Purchasing Managers’ Index) PMI Manufaktur Indonesia sedang mengalami peningkatan dan diperjelas oleh Kementerian Perindustrian bahwa Indonesia telah mengalami peningkatan selama delapan bulan berturut-turut.

Baca juga: Toyota Kenalkan Sistem Penyimpanan Energi Berbasis Teknologi Baterai EV

Untuk mempersiapkan perjalanan logistik dalam rangka mendukung pemulihan sektor manufaktur Indonesia, Hankook Tire memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan agar perjalanan niaga yang dilakukan menjadi aman dan nyaman.

Pertama, selain melakukan perawatan rutin sebagaimana disarankan oleh pabrikan mobil, pastikan untuk melakukan pengecekan kendaraan dan komponennya sebelum melakukan perjalanan panjang.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved