Survei: Kaum Milenial dan Gen Z Paling Sering Gunakan Tokopedia untuk Belanja Online

Berdasarkan survei, Tokopedia menjadi platform e-commerce favorit milenial dan gen Z karena dinilai tepercaya, aman, dan mudah digunakan.

Penulis: Yussy Maulia
Editor: Sheila Respati
Ilustrasi belanja online lewat platform e-commerce. 

Parapuan.co – Tak dapat dimungkiri, berbelanja secara online melalui platform e-commerce kini semakin lumrah dilakukan. Pasalnya, selain praktis dan mudah, berbelanja melalui platform e-commerce dinilai lebih menguntungkan.

Berbelanja di e-commerce, pembeli dapat memperoleh berbagai kebutuhan dengan memanfaatkan banyak promo menarik, mulai dari diskon harga, gratis ongkos kirim (ongkir), hingga cashback.

Dengan adanya kemudahan dan keuntungan tersebut, tak heran jika e-commerce menjadi platform berbelanja yang diminati oleh banyak kalangan, terutama milenial dan generasi Z (gen Z).

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh kumparan pada Juli-Agustus 2022, Tokopedia menempati posisi pertama platform e-commerce yang paling sering digunakan oleh milenial dan gen Z. Sementara posisi kedua ditempati Shopee, lalu disusul oleh Lazada di posisi ketiga.

Baca Juga: Tren Kecantikan yang Populer di Tokopedia Setahun ke Belakang, Fokus ke Perawatan Wajah

Survei bertajuk “Persepsi Kepercayaan dan Kenyamanan Bertransaksi di e-Commerce” tersebut dilakukan pada 23 Juli hingga 5 Agustus 2022, dengan jumlah responden 577 orang dari seluruh wilayah Indonesia.

Adapun responden survei berusia 17 sampai 35 tahun ke atas. Sebanyak 64,9 persen responden adalah mereka yang berada di usia 22-31 tahun. Responden juga merupakan konsumen yang pernah melakukan transaksi di e-commerce lebih dari lima kali dalam sebulan.

Survei tersebut juga mengungkapkan beberapa faktor yang memengaruhi keputusan responden dalam berbelanja di platform e-commerce.

Faktor tersebut antara lain, banyaknya ketersediaan dan variasi produk, kemudahan dalam proses mencari dan memesan produk, banyaknya promo menarik, beragam pilihan metode pembayaran, gratis ongkir, pengiriman barang yang cepat, serta kualitas produk yang sesuai dengan deskripsi pada halaman pembelian.

Baca Juga: Fresh Graduate Wajib Punya! Ini Rekomendasi Fashion Item untuk WFO

Tak hanya itu, kredibilitas penjual  di e-commerce juga memengaruhi keputusan konsumen dalam memesan suatu produk. Kredibilitas tersebut ditentukan oleh beberapa faktor, seperti ulasan pembeli, rating, deskripsi produk, dan berlogo official store.

Tak kalah penting, harga dan promo yang disediakan oleh penjual sangat menentukan keputusan konsumen untuk bertransaksi di e-commerce.

Tokopedia menempati posisi pertama sebagai platform e-commerce dengan penjual terpercaya, dinilai memiliki layanan customer service paling baik, menyediakan metode pembayaran terlengkap, menyediakan layanan pengiriman terlengkap, serta paling nyaman untuk melakukan pencarian produk.

Tokopedia juga menjadi e-commerce terfavorit untuk berbelanja produk fesyen, diikuti oleh Shopee dan Lazada di peringkat kedua dan ketiga.

Baca Juga: Peringati HUT Jakarta, Tokopedia dan Dekranasda DKI Dukung UMKM Lokal

Sementara itu, kategori produk yang paling banyak dicari oleh konsumen di platform e-commerce adalah fesyen dengan persentase 26,5 persen. Lalu disusul oleh produk kecantikan dan perawatan diri 14,7 persen, makanan dan kebutuhan harian 13,2 persen, produk yang berkaitan dengan hobi 11,6 persen, serta peralatan rumah tangga 8,7 persen.

Terkait metode pembayaran, mayoritas responden lebih suka membayar melalui dompet digital (e-wallet). GoPay menempati posisi pertama sebagai dompet digital yang paling banyak digunakan oleh responden di platform e-commerce dengan persentase 42,1 persen, disusul oleh ShopeePay 24,76 persen dan OVO 18,2 persen.

Sementara itu, ada juga 19,4 persen responden yang memilih untuk membayar lewat internet atau mobile banking dan 8,7 persen lebih suka membayar dengan metode cash on delivery (CoD). (**CM/YUS)

Sumber: Parapuan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved