Atasi Permasalahan Rambut Rontok dengan Kandungan Sampo yang Tepat

Berbicara masalah kerontokan rambut, ada banyak faktor yang bisa menjadi pemicunya. Untuk itu, diperlukan produk hair care yang tepat.

Ilustrasi rambut rontok 

Parapuan.co – Rambut merupakan mahkota bagi perempuan. Untuk itu, menjaga kesehatan rambut perlu dilakukan agar keindahannya tetap terjaga. Sebelum memilih produk hair care yang tepat, ada baiknya Kawan Puan memperhatikan jenis maupun kondisi rambut terlebih dahulu.

Hal ini tersebut bertujuan agar produk hair care yang digunakan tidak memperparah kondisi rambut. Terutama jika Kawan Puan memiliki tipe rambut rapuh sehingga mudah rontok.

Berbicara masalah kerontokan rambut, ada banyak faktor yang bisa menjadi pemicunya. Dilansir dari berbagai sumber, kerontokan bisa berasal dari perubahan hormon saat hamil, menyusui, menopause, serta stres dan kurang istirahat.

Kerontokan juga bisa terjadi akibat rambut terlalu sering di-styling, dicat, serta terpapar bahan kimia. Tanpa mencegah faktor risiko tersebut dan melakukan perawatan secara rutin, masalah rambut rontok dapat menyebabkan kebotakan dini.

Baca Juga: Tak Boleh Asal, Ini 4 Cara Membersihkan Earbuds yang Kotor

Selain disebabkan faktor eksternal, rambut rontok juga dapat terjadi karena adanya infeksi pada kulit kepala. Infeksi kulit kepala ini dapat disebabkan oleh jamur. Salah satu kebiasaan yang memicu munculnya jamur adalah tidur dengan rambut basah. 

Selain itu, konsumsi obat tertentu seperti antidepresan, obat darah tinggi, dan pil KB juga dapat memicu kerontokan rambut. Demikian juga dengan terapi pengobatan seperti kanker dan operasi.

Rekomendasi kandungan sampo untuk rambut rontok

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok. Untuk pengobatan dari dalam, Kawan Puan bisa memulai pola hidup sehat seperti rutin mengonsumsi buah, daging, dan sayur. Bisa juga ditambahkan dengan konsumsi suplemen yang diformulasi untuk menangani rambut rontok.

Untuk hair care, Kawan Puan bisa menggunakan sampo dengan kandungan khusus agar jumlah rambut rontok bisa berkurang. Misalnya menggunakan sampo dengan kandungan natrium dan keratin.

Baca Juga: Biografi Rasuna Said, Pahlawan Kemerdekaan Pejuang Hak Perempuan Indonesia

Jika kerontokan rambut cukup parah, ada baiknya Kawan Puan menggunakan sampo yang bebas dari silikon dan sodium lauryl sulfate (SLS).

Sebagai informasi, kandungan silikon biasanya ditambahkan pada sampo untuk memberikan efek halus dan lembut setelah keramas. Namun, dilansir dari Healthline, terlalu sering menggunakan sampo bersilikon akan membuat rambut sulit menyerap nutrisi ketika keramas karena terhalangi oleh tumpukan kandungan tersebut. 

Sementara SLS, menurut National Toxic Encephalopathy Foundation (NTEF) menyebut, penggunaan sampo yang mengandung SLS dapat menyebabkan kerontokan rambut karena bahan kimia ini rentan mengendap dalam folikel rambut. SLS dapat terserap oleh kulit kepala dan merusak folikel rambut, lalu menyebabkan rambut rontok.

Beruntung, kini ada banyak sampo bebas SLS dan silikon yang bisa Kawan Puan gunakan. Salah satunya adalah lavojoy Hold Me Tight Shampo Lazy Sunday. Tak hanya bebas SLS dan silikon, sampo ini juga hadir dengan kandungan kandungan asam amino yang akan membuat rambut terasa lembut dan bersih menyeluruh.

Kandungan ceramide dan centella asiatica pada sampo berfungsi untuk menutrisi kulit kepala dan mengurangi kerontokan. Sementara itu, kandungan lactobacillus berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit di area kulit kepala.

Untuk melengkapi perawatan, gunakan juga lavojoy SOS Nourishing Conditioner Lazy Sunday. Kondisioner ini mengandung argan oiljojoba seed oil, dan grape seed oil agar rambut tetap kuat dan segar. Kedua produk ini dapat dibeli di minimarket terdekat atau melalui e-commerce dengan harga terjangkau. Selamat mencoba!

Sumber: Parapuan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved