Breaking News:

Buku Tematik

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 206: Uji Kompetensi Bagian B

Berikut adalah kunci jawaban IPA kelas 8 SMP halaman 206 semester 1. Soal Uji Kompetensi bagian B.

Buku IPA Kelas 8 SMP
Berikut adalah kunci jawaban IPA kelas 8 SMP halaman 206 semester 1. Soal Uji Kompetensi bagian B. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut adalah kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 8 SMP halaman 206 semester 1.

Di halaman 206, siswa diminta untuk menjawab soal Uji Kompetensi bagian B.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP Halaman 206

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP Halaman 206: Uji Kompetensi Bagian B
Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP Halaman 206: Uji Kompetensi Bagian B

Baca juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP Halaman 204 dan 205: Uji Kompetensi Pilihan Ganda

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan Biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan Benedict memunculkan warna merah bata. Mengandung bahan apakah makanan tersebut? Berikan contoh makanan tersebut!

Jawaban: Apabila menjadi warna ungu berarti bahan makanan tersebut mengandung protein.

Sedangkan, apabila menjadi merah bata berarti mengandung zat gula. Itu berarti bahan makanan tersebut mengandung protein dan glukosa, contohnya adalah nasi dan susu.

2. Sebutkan urutan saluran pencernaan dari awal hingga akhir! Mengapa waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda? Jelaskan!

Jawaban: Urutan: mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus.

Waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kandungan bahan makanan yang berbeda, perbedaan struktur organ pencernaan, ukuran panjang setiap organ berbeda, dan enzim yang dihasilkan pada tiap organ yang berbeda.

3. Makanan yang dikonsumsi seseorang dapat mengandung bakteri. Untuk mencegah berkembangnya bakteri tersebut, organ apakah yang dapat membunuh bakteri tersebut? Bagaimana cara kerja organ tersebut?

Jawaban: Lambung, karena lambung menghasilkan HCl. Kondisi asam inilah yang mematikan bakteri.

4. Apabila seseorang makan daging ayam, organ apakah yang paling berperan untuk mencerna bahan makanan tersebut secara kimiawi?

Jawaban: Daging ayam mengandung protein. Organ yang berperan melakukan pencernaan protein yaitu lambung. Lambung menghasilkan enzim pepsin yang mengubah protein menjadi proteosa. Usus halus, tripsinogen yang dihasilkan pankreas masuk ke usus halus. Tripsinogen mengubah protein menjadi polipeptida. Dinding usus halus menghasilkan enzim enterokinase yang mengubah tripsinogen menjadi tripsin.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved