Piala Dunia 2022

4 Fakta Menarik Al Rihla, Bola Piala Dunia 2022 Qatar yang Diproduksi di Indonesia

4 Fakta Menarik Al Rihla, Bola Piala Dunia 2022 Qatar yang Diproduksi di Indonesia
FRANCK FIFE / AFP
Presiden FIFA Gianni Infantino berpose dengan Al Rihla, bola resmi pertandingan sebelum konferensi pers selama Kongres FIFA ke-72 di ibukota Qatar, Doha, pada 31 Maret 2022. Hitung mundur menuju Piala Dunia paling kontroversial dalam sejarah benar-benar dimulai besok saat pengundian untuk Qatar 2022 berlangsung di Doha 2022, kurang dari delapan bulan sebelum dimulainya turnamen itu sendiri. Berikut empat fakta menarik terkait bola Piala Dunia 2022 Qatar yang bernama Al Rihla. FRANCK FIFE / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Al Rihla yang menjadi bola utama dalam gelaran Piala Dunia 2022 Qatar rupanya memiliki beberapa fakta menarik.

Adidas, selaku produsen apparel olahraga telah merilis bola Piala Dunia 2022 Qatar yang bernama Al Rihla pada 30 Maret 2022 lalu.

Jelang digelarnya Piala Dunia 2022 Qatar, fakta tentang bola Al Rihla tampaknya menjadi hal yang menarik untuk dibahas.

Gambar yang diambil pada 21 April 2022 di kompleks markas besar pembuat peralatan olahraga Jerman Adidas di Herzogenaurach, Jerman selatan, menunjukkan model sepak bola resmi Qatar yang diadakan Piala Dunia FIFA 2022 yang disebut
Gambar yang diambil pada 21 April 2022 di kompleks markas besar pembuat peralatan olahraga Jerman Adidas di Herzogenaurach, Jerman selatan, menunjukkan model sepak bola resmi Qatar yang diadakan Piala Dunia FIFA 2022 yang disebut "Al Rihla", yang berarti " Perjalanan". Berikut empat fakta menarik terkait bola Piala Dunia 2022 Qatar yang bernama Al Rihla. Christof STACHE / AFP (CHRISTOF STACHE / AFP)

Lantas, apa saja fakta menarik tentang bola Al Rihla?

Berikut fakta menarik tentang bola Al Rihla yang berhasil Tribunnews rangkum dari beberapa sumber.

1. Diproduksi di Indonesia

Siapa sangka, bola Piala Dunia 2022 Qatar diproduksi di Indonesia.

Bola Al Rihla diproduksi di Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Hal tersebut telah dibenarkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Kita semua bahagia dan bangga bahwa dari Bumi Kampung Pesilat Kabupaten maidun menghadirkan produksi bola kualitas Piala Dunia dan siap dilepas ekspor," kata Khofifah, dikutip dari YouTube Kompas TV.

2. Bola Piala Dunia Pertama yang Dibuat dengan Tinta dan Lem Berbahan Dasar Air

Bola Al Rihla dirancang dengan menggunakan data dari pengujian yang ketat.

Semua komponen telah dipertimbangkan dengan cermat.

Menariknya, Al Rihla adalah bola Piala Dunia pertama yang dibuat dengan menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air, dikutip dari news.adidas.com.

Penulis: Isnaini Nurdianti
Editor: Dwi Setiawan
Sumber: TribunSolo.com
Halaman
12
Baca Juga
KOMENTAR

Berita Terkini