Breaking News:

Piala Dunia 2022

Fakta Unik Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar: Pakai AC Sejak 12 Tahun Lalu

Selain melengkapi semua stadion dengan AC di Piala Dunia, Qatar merubah fasilitas jalan raya, banyak membangun jalan tol. Dan di sini jalan tol gratis

tangkap layar thenationalnews
SUHU 18 DERAJAT - Sebuah thermometer digital menunjukkan angka 18 derajat celcius di satu di antara puluhan lubang ventilator AC di Stadion AL Janoub, Qatar. Berada di wilayah gurun, Qatar sudah menggunakan teknologi pendingin udara di stadion sejak 12 tahun silam. Hal ini membuat suhu di dalam stadion tetap terasa sejuk meski berada di kawasan gurun pasir sekalipun. 

Fakta Unik Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar: Pakai AC Sejak 12 Tahun Lalu

Laporan dari Qatar Jurnalis Tribun Network Eko Priyono

TRIBUNNEWS.COM - Jauah sebelum gelaran Piala Dunia 2022 berlangsung, Qatar ternyata sudah memiliki stadion yang memakai fasilitas air conditioner (AC) 12 tahun sebelumnya.

Seperti diketahui, delapan stadion yang menjadi venue Piala Dunia 2022 memang menggunakan AC guna meredam suhu panas di negeri yang tadinya padang pasir ini.

Jurnalis Tribunnews, Eko Priyono berkesempatan bertemu dengan relawan FIFA asal Indonesia, Hery Kartono yang paham seluk beluk Piala Dunia di Qatar ini lantaran sudah sudah tinggal 14 tahun di sana.

Baca juga: Inggris ke Perempatfinal Piala Dunia, Sterling Kerampokan, Liverpool Gaet Bellingham At All Cost

Baca juga: AC Stadion Terlalu Dingin, Istri Pemain Timnas Jerman Curhat di Instagram, Pamer Foto Merinding

"Pada 2010, di Qatar itu sudah ada satu stadion yang sudah menggunakan sistem pendingin, namanya Stadion Al Shad," katanya.

"Mungkin, itu sebagai cara jualannya Qatar guna meraih status tuan rumah Piala Dunia. Karena kan kita tahu sebenarnya Piala Dunia berlangsung Juni atau Juli, dan itu puncak musim panas di Qatar," ujar Hery.

"Ketika ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar telah siap. Dan uniknya, ketika akan membidik tuan rumah Piala Dunia, Qatar menjanjikan bahwa semua stadion akan dilengkapi dengan AC," tuturnya.

Baca juga: Lima Kejadian Heboh di Fase Grup Piala Dunia 2022, Asia Mengaum, Ada yang Bikin Messi Bingung

Foto yang diambil pada 20 April 2022 ini menunjukkan pemandangan internal Stadion al-Janoub di Doha, yang akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia sepak bola FIFA 2022. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)
Foto yang diambil pada 20 April 2022 ini menunjukkan pemandangan internal Stadion al-Janoub di Doha, yang akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia sepak bola FIFA 2022. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) (AFP/KARIM JAAFAR)

Selain itu, Hery juga menilai bahwa Qatar telah melakukan berbagai persiapan dengan baik sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, salah satunya adalah membangun stadion.

"Jadi, Qatar itu sudah siap banget jadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Awalnya, Qatar ingin membangun sekitar 10 stadion. Namun, tidak tahu ada perubahan apa, akhirnya Qatar cuma menyiapkan delapan stadion. Tujuh dari delapan stadion itu benar-benar baru dan satunya di renovasi, yakni Stadion Internasional Khalifa," kata Hery yang juga pernah jadi volunteer FIFA Arab Cup pada November 2021 lalu.

Lalu, ia juga menjelaskan tentang jalur transportasi yang telah dibangun Qatar guna menunjang Piala Dunia 2022.

"Qatar merubah fasilitas jalan raya, banyak membangun jalan tol. Dan di sini jalan tol gratis loh," kata Hery.

Foto yang diambil pada 29 Maret 2022 ini menunjukkan pemandangan interior Stadion Al Thumama di Doha, yang akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia sepak bola FIFA 2022. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP)
Foto yang diambil pada 29 Maret 2022 ini menunjukkan pemandangan interior Stadion Al Thumama di Doha, yang akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia sepak bola FIFA 2022. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP) (AFP/GABRIEL BOUYS)

Sebagaimana negara Timur Tengah, Qatar tidak terlalu menyiapkan sistem drainase yang baik, karena jarang hujan.

"Kalau misalnya hujan, genangan air di sini lama turunnya. Jadi Qatar merubah sistem drainase sebelum Piala Dunia 2022 berlangsung, bikin gorong-gorong gede," tambah Hery.

Qatar juga membenahi fasilitas bandara yang ada.

"Sekarang sudah ada dua bandara aktif yang siap membantu Piala Dunia, yaitu Doha International Airport dan Hamad International Airport," tuturnya.

"Doha International Airport itu sebenarnya sempat ditutup dan tidak digunakan lagi, karena Qatar sudah bangun Hamad International Airport." Dalam rangka Piala Dunia 2022, Doha International Airport diaktifin lagi," kata Hery. (Tribun Network/Isn)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved