Piala Dunia 2022

Profil Luis Enrique, Resmi Dipecat dari Timnas Spanyol, Proyek di Piala Dunia 2022 Gagal Total

Mengenal lebih dekat sosok Luis Enrique yang dipecat dari jabatan pelatih Timnas Spanyol setelah proyeknya di Piala Dunia 2022 gagal total.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
AFP/JAVIER SORIANO
Pelatih Spanyol Luis Enrique memberi isyarat di pinggir lapangan selama pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Spanyol dan Jerman di Stadion Al-Bayt di Al Khor, utara Doha pada 27 November 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Profil Luis Enrique yang resmi dipecat dari kursi pelatih Timnas Spanyol setelah mega proyeknya di Piala Dunia 2022 gagal total.

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) resmi mengakhiri masa bakti Luis Enrique sebagai pelatih Timnas Spanyol, Kamis (8/12/2022).

Dalam rilis RFEF, mereka mengucapkan terima kasih atas pengabdian Luis Enrique sebagai pelatih Timnas Spanyol sejak 2018.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Pelatih Spanyol Luis Enrique Dikabarkan Akan Mundur, La Roja Cari Pengganti

"Kami ingin berterima kasih kepada Luis Enrique dan seluruh staf pelatihnya," kata RFEF dalam sebuah pernyataan. 

Kegagalan Luis Enrique membawa Spanyol menembus babak final Piala Dunia 2022 membuat RFEF gerak cepat mengambil keputusan.

Demi perkembangan La Furia Roja, dengan berat hati RFEF memilih untuk mengakhiri kerjasama mantan juru taktik Barcelona ini.

"Manajemen olahraga RFEF telah menyampaikan kepada presiden sebuah laporan di mana proyek baru harus dimulai untuk Tim Sepak Bola Spanyol, dengan tujuan melanjutkan pertumbuhan yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir berkat pekerjaan yang dilakukan oleh Luis Enrique dan kolaborator mereka," tulis RFEF

"Baik presiden, Luis Rubiales, dan direktur olahraga, José Francisco Molina, telah mengirimkan keputusan tersebut kepada pelatih," lanjut pernyataannya.

Meski demikian, Luis Enrique tidak bisa dikatakan gagal total dalam pengembangan sepak bola Timnas Spanyol.

Mantan pelatih Barcelona ini berani melakukan regenerasi dengan memanggil banyak pemain muda di Piala Dunia 2022.

Sebagaimana yang diketahui, Luis Enrique gagal membawa Timnas Spanyol menuju partai puncak Piala Dunia 2022.

Langkah Alvaro Morata dkk terhenti di babak 16 besar setelah kalah adu penalti melawan Maroko (3-0).

Seluruh algojo penalti Spanyol gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Tiga penendang dari La Furia Roja berhasil dimentahkan kiper Maroko Yassine Bounou yang tampil impresif.

Ketiga eksekutor penalti Spanyol adalah Pablo Sarabia, Carlos Soler, dan Sergio Busquets.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved