Breaking News:

Susun PKPU Sesuai Protokol Kesehatan, KPU Pastikan Tahapan Pilkada Dilanjutkan 15 Juni

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan tahapan Pemilihan Kepala Daerag (Pilkada) serentak 2020 akan dilanjutkan pada 15 Juni 2020.

Wartakota
Ilustrasi- Pilkada Serentak 2020 

TRIBUNNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 akan dilanjutkan pada 15 Juni 2020.

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner KPU I Dewa Raka Sandi dalam diskusi daring PNPS GMKI bertajuk Menimbang Risiko Pilkada Serentak 9 Desember 2020, Selasa (2/6/2020)

Menurut Dewa Raka hal perubahan tahapan ini telah tertuang dalam draft Peraturan KPU (PKPU).

"PKPU ini sudah dilakukan proses harmonisasi pada Minggu (31/5/2020) lalu."

"Secara substansi sudah diterima prinsipnya, tinggal kemudian proses administrasinya."

I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengucap sumpah jabatan sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Antar Waktu periode 2017-2022 dihadapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu, (15/4/2020). Pelantikan pejabat negara kali ini mengikuti protokol pencegahan COVID-19, yang salah satunya menerapkan anjuran jaga jarakĀ atau physical distancing. Untuk menerapkan protokol tersebut, tamu undangan yang hadir dibatasi sekitar 20 orang. Sebelum mengikuti kegiatan, seluruh tamu undangan juga menjalani tes cepat (rapid test)  pendeteksianĀ COVID-19. Kompas/Wawan H Prabowo
I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengucap sumpah jabatan sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Antar Waktu periode 2017-2022 dihadapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu, (15/4/2020). Pelantikan pejabat negara kali ini mengikuti protokol pencegahan COVID-19, yang salah satunya menerapkan anjuran jaga jarak atau physical distancing. Untuk menerapkan protokol tersebut, tamu undangan yang hadir dibatasi sekitar 20 orang. Sebelum mengikuti kegiatan, seluruh tamu undangan juga menjalani tes cepat (rapid test) pendeteksian COVID-19. Kompas/Wawan H Prabowo (KOMPAS/WAWAN H PRABOWO)

"Jadi dalam PKPU itu diatur bahwa pada pokoknya pencoblosan akan diselenggarakan pada 9 Desember dan tahapan akan dilanjutkan kembali pada 15 Juni," ungkap Raka Sandi.

Raka Sandi mengatakan, dalam PKPU tersebut, disusun berdasarkan ketentuan dan standar protokol kesehatan Covid-19.

"Pada prinsipnya adalah bagaimana agar penyelenggaraan Pilkada ini di samping aspek demokrasinya, ada prinsip kesehatan dan keselamatan," jelasnya.

Raka Sandi juga memastikan, masukan dari sejumlah pihak terkait telah diterima dalam harmonisasi tersebut.

Baca: Pengamat Usul Pilkada Serentak Terapkan Sistem e-Voting, Antisipasi Penurunan Partisipasi Pemilih

Sehingga, lanjut dia, draf PKPU perubahan itu sudah siap untuk disahkan.

Halaman
123
Berita Populer
Penulis: Nanda Lusiana Saputri
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved