Pilpres 2019

Polri Gandeng Komnas HAM untuk Usut Kerusuhan 21-22 Mei

Selain menggandeng lembaga independen, Polri juga sudah membentuk tim untuk mengusut peristiwa tersebut.

Polri Gandeng Komnas HAM untuk Usut Kerusuhan 21-22 Mei
Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah massa aksi 22 Mei terlibat bentrok dengan aparat kepolisian seusai melakukan penyampaian pendapatnya didepan Gedung Badan Pengawas pemilu (Bawaslu), Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019). Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan akan menggandeng Komnas HAM untuk mengusut peristiwa kerusuhan pada 21 dan 22 Mei 2019 lalu.

Terutama terkait meninggalnya delapan orang dari pihak sipil akibat kerusuhan dalam dua hari tersebut.

“Polri menggandeng sejumlah lembaga independen seperti Komnas HAM untuk mengusut kerusuhan 21 dan 22 Mei 2019 terutama terkait meninggalnya delapan orang akibat peristiwa itu,” jelas Iqbal di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2019).

Selain menggandeng lembaga independen, Polri juga sudah membentuk tim untuk mengusut peristiwa tersebut.

“Tim itu dipimpin Irwasum (Inspektur Pengawasan Umum Polri),” tegasnya.

Iqbal mengatakan tim akan mengkaji secara ilmiah peristiwa kerusuhan itu dan akan segera menyampaikan hasil investigasi kepada publik.

Sejumlah bukti

Aparat Polri masih mencari dalang kerusuhan aksi 22 Mei yang terjadi di beberapa titik di Jakarta pada Selasa-Rabu (21-22/5/2019) lalu.

Kerusuhan aksi 22 Mei yang menyebabkan sejumlah orang tewas, luka-luka , hingga fasilitas kota rusak itu diduga disebabkan oleh sekelompok orang tak bertanggungjawab.

Kepolisian kini tengah mengumpulkan berbagai bukti kerusuhan mulai dari rompi hingga senpi (senjata api) yang dapat menjadi alat mengungkap dalang kerusuhan aksi 22 Mei.

Seperti diberitakan, Menkopolhukam Wiranto menegaskan pemerintah sudah mengetahui dalang di balik kerusuhan selama dua hari itu.

Halaman
1234
Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved