Pilpres 2019

Hari Ini Majelis Hakim MK Akan Periksa Saksi, Ahli, Serta Alat Bukti dari Paslon 01 dan Bawaslu

RPH dilakukan oleh hanya para Hakim Konsitusi dan dilakukan secara tertutup sebelum nantinya hasilnya akan disampaikan dalam pada Jumat

Hari Ini Majelis Hakim MK Akan Periksa Saksi, Ahli, Serta Alat Bukti dari Paslon 01 dan Bawaslu
Tribunnews/JEPRIMA
Saksi Ahli IT Marsudi Wahyu Kisworo yang dihadirkan oleh tim hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam sidang lanjutan sengketa pilres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2019). Dalam kesaksiannya Marsudi menjelaskan terkait persoalan perhitungan suara pada Situng KPU. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada kesempatan yang sudah diberikan Majelis Hakim Mahkamah Konsitusi dalam sidang sengketa Pilpres 2019, pihak Pemohon yakni kuasa hukum Paslon 02 telah menghadirkan sebanyak 14 saksi fakta dan dua ahli pada Rabu (19/6/2019) pukul 09.00 WIB hingga Kamis (20/6/2019) pukul 04.54 WIB.

Sedangkan KPU hanya menghadirikan seorang ahli IT dan keterangan seorang ahli lainnya dalam bentuk surat pada Kamis (20/6/2019).

Hari ini tiba gilirannya untuk pihak Terkait yakni paslon Presiden dan Wakil Presiden 01 dan Bawaslu untuk menghadirkan saksi, ahli, dan alat bukti pada Jumat (21/6/2019) pukul 09.00 WIB.

Juru Bicara Mahkamah Konsitusi, Fajar Laksono, mengatakan jika Majelis Hakim menilai sudah cukup untuk memberikan kesempatan secara seimbang pada semua pihak pada sidang hari ini, maka selanjutnya giliran Majelis Hakim untuk membahas hasil persidangan dan mengambil keputusan dalam Rapat Permusyawaratan Hakim atau RPH.

RPH dilakukan oleh hanya para Hakim Konsitusi dan dilakukan secara tertutup sebelum nantinya hasilnya akan disampaikan dalam pada Jumat (28/6/2019).

Baca: Jokowi: Sistem Zonasi PPDB Banyak Masalah yang Perlu Dievaluasi

Namun Fajar tetap membuka kemungkinan sidang terbuka dengan agenda pemeriksaan saksi ahli dan alat bukti masih bisa berlanjut pada Senin (24/6/2019).

"MK menjadwalkan Pemeriksaan Persidangan sampai tanggal 24 Juni. Sekiranya sudah dianggap cukup memberikan kesempatan secara seimbang kepada Para Pihak, ya sudah, dicukupkan. Giliran MK membahas hasil persidangan dan mengambil keputusan dalam RPH yang tertutup," kata Fajar saat dihubungi Tribunnews.com pada Kamis (20/6/2019).

Soal pemeriksaan saksi dan alat bukti dari Paslon 01 dan Bawaslu akan dituntaskan hari ini atau tidak, Fajar mengatakan, semuanya tergantung keputusan Majelis Hakim dan dinamika sidang yang terjadi hari ini.

"Tergantung dinamika persidangan besok.Majelis Hakim bisa menyatakan cukup, bisa juga menyatakan lanjut Senin kalau memang belum selesai pemeriksaan saksi dan ahli Pihak Terkait," kata Fajar.

Sebelumnya Kuasa Hukum paslon 01, Teguh Samudera, mengatakan timnya akan menggelar rapat pada Kamis (20/6/2019) nantinya sebelum memutuskan jumlah, nama-nama saksi fakta dan ahli, serta poin-poin keterangan yang akan dihadirkan besok.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved