Podcast

Sejarah dan Peristiwa Penting Malam Nisfu Syaban, Apa Saja Amalan Utamanya?

Banyak penjelasan ulama soal keutamaan waktu nisfu syaban, namun bagaimana sebenarnya sejarah Nisfu Syaban dimulai?

freepik.com
Malam Nisfu Syaban 1442 H jatuh pada Minggu, 28 Maret 2021. Inilah doa serta amalan yang dianjurkan pada malam Nisfu Syaban. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak Tribunnews Podcast selengkapnya di Spotify.

SEJARAH

Banyak penjelasan ulama soal keutamaan waktu nisfu syaban, namun bagaimana sebenarnya sejarah Nisfu Syaban dimulai?

Melansir laman resmi Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) PWNU Jatim, melalui laman Halaqoh.net yang terbit pada 17 Mei 2016 lalu, berikut penjelasannya:

Malam Nishfu Sya'ban dilakukan pertama kali oleh para tabi'in (generasi setelah Sahabat Nabi) di Syam Syria, seperti Khalid bin Ma'dan (perawi dalam Bukhari dan Muslim), Makhul (perawi dalam Bukhari dan Muslim), Luqman bin 'Amir (al-Hafidz Ibnu Hajar menilainya 'jujur').

Mereka mengagungkannya dan beribadah di malam tersebut. Dari mereka inilah kemudian orang-orang mengambil keutamaan Nishfu Sya'ban.

Ketika hal ini menjadi populer di berbagai negara, maka para ulama berbeda-beda dalam menyikapinya, Ada yang menerima di antaranya adalah para ulama di Bashrah (Irak).

Namun kebanyakan ulama Hijaz (Makkah dan Madinah) mengingkarinya seperti Atha', Ibnu Abi Mulaikah, dan Abdurrahman bin Zaid bin Aslam dari ulama Madinah dan pendapat beberapa ulama Malikiyah mengatakan: "Semuanya adalah bid'ah".

Ulama Syam berbeda-beda dalam melakukan ibadah malam Nishfu Sya'ban.

Pertama, dianjurkan dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid. Misalnya Khalid bin Ma'dan, Luqman bin Amir dan lainnya, mereka memakai pakaian terbaiknya, memakai minyak wangi, memakai celak mata dan berada di masjid. Hal ini disetujui oleh Ishaq bin Rahuwaih (salah satu imam madzhab yang muktabar), dan beliau mengatakan tentang ibadah malam Nishfu Sya'ban di masjid secara berjamaah: "Ini bukan bid'ah". Dikutip oleh Harb al-Karmani dalam kitabnya al-Masail.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved