Ini Dia Pengembang Anggota Apersi dengan Penyaluran Rumah Subsidi Terbanyak 2021

Setiap tahun anggota Apersi selalu mendominasi realisasi pasokan rumah subsidi di Indonesia.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Tribunnews/JEPRIMA
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan perumahan bersubsidi di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/2/2021). Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Realisasi akad KPR rumah subsidi anggota Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) sejak Januari sampai 10 Desember 2021 mencapai 104.414 unit.

Sementara penyaluran dana FLPP PPDPP dari Januari hingga akhir tahun 2021 ini sebanyak 170-an ribu unit sedangkan untuk KPR komersial Apersi merealisasikan sebanyak 10.906 unit.

“Penyaluran rumah subsidi ini sebesar 60 persen lebih dari total realisasi KPR PPDPP. Lebih dari separuh rumah yang support itu Apersi," kata Ketua Umum DPP Apersi Junaidi Abdillah, Kamis (16/12/2021).

Dia menjelaskan, sebagian besar pemasok pembangunan rumah bersubsidi tersebut dilakukan di Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Penyaluran Rumah Subsidi Didominasi Anggota Apersi, Tahun Ini Mencapai 104.414 Unit

Junaidi menambahkan, bulan Desember menjadi bulan istimewa bagi industri perumahan khususnya insan rumah subsidi.

Karena, tanggal 10 Desember lalu adalah HUT KPR yang ke 45, sebuah perjalanan panjang untuk pembiayaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Baca juga: Apersi Tegaskan Siap Menjadi Mitra Strategis BP Tapera

Untuk kesekian kalinya Bank BTN yang merupakan bank pertama yang menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) memberikan penghargaan kepada stakeholder rumah subsidi.

Penerima penghargaan tahun ini banyak didominasi anggota Apersi. Junaidi tak menampik, setiap tahun anggota Apersi selalu mendominasi realisasi pasokan rumah subsidi.

Baca juga: APERSI Ungkap Berbagai Kendala Masyarakat Berpenghasilan Rendah Mendapatkan KPR

“Ini membuktikan komitmen organisasi kita terkait program satu juta rumah khususnya pembangunan rumah subsidi untuk MBR. Tak hanya KPR konvensional, di KPR syariah kita juga terbanyak dalam penyalurannya,” jelasnya.

Pengembang dengan realisasi penyaluran rumah subsidi terbanyak dari peringkat 1 sampai 3 adalah PT Serena Inti Sejati, Pesona Khuripan Group dan PT Saipul Putra Sakti, seluruhnya dengan lokasi proyek di Jawa Barat.

Ada juga PT Hidayat Anugrah Pratama anggota Apersi dari Sulawesi Selatan yang mendapatkan penghargaan karena realisasi unit terbanyak melalui KPR Syariah BTN.

Suherman, founder Pesona Kahuripan Group menyatakan, penghargaan ini menjadi penyemangat dirinya dan seluruh jajaran manajemen perusahaan.

Jika tak ada kendala kuota perusahaannya bisa mencatatkan jumlah realisasi unit rumah subsidi lebih banyak.

Halaman
12
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved