Festival Kaulinan Barudak Diramaikan 14 SD

Mereka melakukan lomba secara berurutan mulai dari engrang, kelom batok, gangsing, prepet jengkol, sorodot gaplok, rorodaan

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andra N Oktaviani

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Sebanyak 14 sekolah dasar di Kecamatan Coblong turut berpartisipasi dalam kegiatan Festival Kaulinan Barudak dan Festival Layang-layang di Kampung Kreatif Dago Pojok, Sabtu (9/6/2012) pagi.

Kegiatan diawali dengan lomba kaulinan budak. Ada delapan permainan tradisional yang dilombakan secara estafet. Pesertanya adalah para siswa-siswi kelas III hingga kelas V sekolah dasar.

Mereka melakukan lomba secara berurutan mulai dari engrang, kelom batok, gangsing, prepet jengkol, sorodot gaplok, rorodaan, sampai yang terakhir bebedilan. Pemenang ditentukan dari waktu tercepat dalam menyelesaikan rangkaian permainan tradisional itu.

Tepat pada pukul 09.00 WIB acara perlombaan dimulai. Tidak hanya peserta yang terlihat antusias. Para penonton yang terdiri dari warga sekitar dan siswa-siswi lainnya juga terlihat sangat antusias. Mereka menyemangati para peserta yang tengah berlomba.

Festival Kaulinan Barudak ini bertujuan untuk memperkenalkan permainan tradisional Jawa Barat yang merupakan warisan budaya kepada anak-anak. Selain itu festival ini juga bertujuan untuk mengingatkan para orang tua akan permainan di masa lalu yang kini sudah hilang.

BACA JUGA:

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved